Saat Mudik, Jumlah Kendaraan Pribadi di Tol Tangerang Turun

Gerbang Tol Cikupa di Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pengelola Tol Tangerang Merak mencatat terjadi penurunan volume kendaraan pribadi yang melalui Tol Tangerang-Merak dibandingkan dengan hari biasa. Padahal, pada periode sebelumnya biasanya kendaraan pribadi akan mengalami peningkatan pada saat mudik lebaran.

Puncak Arus Mudik: Tol Kalikangkung Merayap Panjang, Sentuh 4 Ribu Kendaraan per Jam

Tercatat, secara umum penurunan sekitar lima persen terjadi pada saat mudik lebaran, meski terdapat hari tertentu dimana jumlah kendaraan pribadi mengalami lonjakan dibandingkan dengan hari biasa.

"Dibandingkan dengan trafik normal harian, turun sebanyak 5,93 persen. Untuk harian, terhitung 2,6 juta kendaraan dengan jangka waktu yang sama. Namun, kalau perbandingannya dengan periode lebaran, sementara kita mengalami kenaikan sekitar 0,90 persen dengan total kendaraan 2.483.211," ujar Public Relation Tol Tangerang-Merak, Rawiah Hijjah, Minggu, 24 Juni 2018.

Arus Mudik Lebaran, Penampakan Kemacetan Sebelum Masuk Pelabuhan Merak

Untuk peningkatan kendaraan hanya terjadi pada H-7 dan H+7. Untuk arus mudik H-7 total lalin kendaraan pribadi mencapai 162.964, sedangkan arus balik pada H+7 total 138.101 kendaraan. Angka tersebut mengalami peningkatan baik dari periode lebaran atau pun arus lalu lintas dihari biasa.

Penurunan kendaraan pribadi terlebih lantaran, kebijakan pemerintah dengan mengadakan mudik gratis menggunakan angkutan umum baik jalur darat ataupun laut dengan tujuan pulau Jawa dan Sumatera.

Arus Mudik Idul Adha, Kemenhub: Ada Lonjakan Signifikan ke Jawa Tengah

"Sejauh ini perhitungan volume kendaraan akan terus dilakukan hingga pukul 00.00 dalam periode arus lalu lintas lebaran 2018. Terkait dengan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak sejauh ini ramai lancar," katanya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

Polri Berikan Santunan kepada Keluarga Korban Kecelakaan Maut KM 58

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyerahkan tali asih kepada keluarga korban kecelakaan maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Tali asih itu diserahkan langsung o

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024