Kapolri Duga Penembakan Pesawat di Papua Terkait Pilkada

Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :

VIVA – Pesawat Twin Otter Trigana yang disewa Pasukan Bantuan Kendali Operasi Brimob ditembaki oleh kelompok separatis di Bandara Kanenyam, Nduga, Papua pada Senin pagi.

Gerombolan KST Berulah Kembali, Bakar Honai Milik Masyarakat di Papua

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekira pukul 09.35 waktu setempat. Saat terjadi pergeseran pasukan Brimob dari Wamena menuju Nduga.

"Yang ini sudah mendarat lagi memutar dan ditembak samping akibatnya pilotnya tertembak sementara 15 penumpang tidak ada korban," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 26 Juni 2018.

Upacara Militer Iringi Pemulangan 3 Jenazah Prajurit TNI dari Papua

Tito menuturkan, kelompok pelaku bahkan sempat berlari sambil menembaki masyarakat. Menurutnya, tiga warga mengalami luka. Namun, belum bisa dipastikan luka tersebut berat atau ringan. Diduga, kelompok ini juga memanfaatkan situasi pilkada. 

"Kami tahu di daerah ini ada kelompok bersenjata dulu pernah menyandera orang jadi kelompok-kelompok senjata ini sering dimanfaatkan atau juga ikut memanfaatkan situasi pilkada," ungkapnya. 

KSAD Akan Pimpin Upacara Pemakaman Prajurit TNI Korban Penembakan OPM

Menurut Tito, anggota Brimob juga sempat mengejar pelaku. Namun, pelaku hingga saat ini belum diketahui. Saat ini sebanyak 114 personel TNI dan Polri sudah bersiaga di lokasi. 

"Kami tidak akan mundur, tetap kirim pasukan, kalau kurang kami tambah lagi dalam rangka menjamin proses demokrasi berjalan tanpa intimidasi," ujarnya menegaskan. (mus)
 

VIVA Militer: Prajurit TNI yang ditembak OPM dirawat.

Pratu Herianto, Korban Kebiadaban Teroris OPM Diterbangkan ke Timika

Pratu Herianto adalah prajurit TNI AD dari satuan Yonif Raider 408/SBH

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022