Suryadharma Ali Bantah PK karena Hakim Artidjo Sudah Pensiun

Sidang Dakwaan Suryadharma Ali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali membantah upaya peninjauan kembali (PK) yang baru diajukan ada kaitannya dengan hakim agung Artidjo Alkostar yang sudah pensiun. Menurut Suryadharma Ali, PK tersebut memang baru selesai dibuatnya.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

"Kan ini tak mudah penyusunannya. Jadi selesai terus dikoreksi, selesai terus dikoreksi lagi. Jadi tidak ada hubungannya (sama Artidjo pensiun)," kata Suryadharma saat ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin, 25 Juni 2018.

Dalam memori PK, Suryadharma Ali menganggap Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tidak berwenang menghitung kerugian negara dalam kasusnya. Selain itu, Suryadharma Ali juga membantah memperkaya diri sendiri.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta

Suryadharma minta agar MA membebaskan dirinya dari penjara. Kemudian, mengembalikan uang pengganti dan membatalkan pencabutan hak politik.

Sebelum Suryadharma Ali, ada dua narapidana kasus korupsi yang mengajukan upaya hukum PK. Mereka adalah mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan bekas Menkes, Siti Fadilah Supari.

Ketua Komisi II DPR Bantah Ada Arahan Jokowi Soal Penghapusan Pilkada

Menariknya, permohonan PK yang diajukan ketiganya tidak sampai berselang sebulan pasca Artidjo Alkostar pensiun dari jabatan Hakim Agung pada 22 Mei 2018 lalu.

Diketahui, nama Artidjo Alkostar sangat dikenal sangar kepada para pelaku korupsi. Banyak koruptor yang sudah diperberat hukumannya oleh Artidjo.

Hakim Agung Suharto

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Pencalonan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung menuai respons negatif karena Suharto pernah menganulir hukuman mati untuk Ferdy Sambo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024