Novel Bamukmin: Iwan Bule Biang Kerok Kasus Habib Rizieq

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kanan) melantik Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Chaidar Hasan Bamukmin masih geram dengan figur Komjen Pol M Iriawan yang sekarang menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat. Iriawan yang pernah menjadi Kapolda Metro itu dinilai biang kerok atas kasus Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Novel menduga Iriawan melakukan rekayasa terhadap beberapa kasus Rizieq.

“Itu banyak yang terjerat oknum Plt Jabar ini, itu biang keroknya. Kita menduga rangkaian kasus yang dibuat oknum yang menjabat sebagai Plt Gubernur Jabar sekarang," kata Novel di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 26 Juni 2018.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Dia dengan lantang bahkan menyinggung jenderal bintang tiga yang akrab disapa Iwan Bule itu sebagai biang keladi dugaan kasus chat fitnah Habib Rizieq. Kemudian, terkait aksi 411 yang berujung ada penembakan gas air terhadap para peserta.

"Terlalu banyak yang beliau lakukan. Dosanya terlalu banyak yang dilakukan oleh Plt gubernur Jabar ini,” lanjut Novel.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Meski dua kasus Rizieq di kepolisian resmi disetop, Rizieq belum juga pulang ke Indonesia dari Arab Saudi. Diduga Rizieq akan pulang usai beberapa kasus lain yang masih dituduhkan padanya disetop.

"Kita maunya cepat itu (Rizieq pulang). Tapi kan banyak pertimbangan lain. Dengan pertimbangan 3 kasus itu segera di SP3," katanya.

Baca: Habib Rizieq Jadi Tersangka Kasus Pornografi

Terkait kemungkinan Rizieq pulang ke tanah air saat Pemilihan Presiden 2019 mendatang, ia menjawab belum tahu. Namun, ia menegaskan jika Jokowi diganti maka Rizieq akan pulang. "Mungkin 2019 ketika mungkin ganti presiden beliau rasa aman pulang. Tergantung HRS (Habib Rizieq Shihab)," kata Novel.

Baca: Iwan Bule: Kasihan Pak SBY

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya