Ketua DPR Singgung Potensi Kecurangan di Pilkada

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Potensi kecurangan dalam pilkada serentak masih menjadi perhatian. Oleh karena itu, hampir semua pasangan calon menyiapkan timnya untuk menghindari terjadi kecurangan di hari pencoblosan pada 27 Juni 2018.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai penting untuk meniadakan potensi kecurangan dengan melibatkan partisipasi aparat di level paling bawah. Selain itu, masyarakat yang kritis, menurutnya, juga harus diakomodir.

Terkait dengan logistik, menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) harus bisa memastikan seluruh kesiapan logistik dalam Pemilu serta turut mengawasi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

"Ini supaya petugas menjalankan Pemilihan Umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bambang dalam siaran persnya, Rabu 27 Juni 2018.

Di tempat pemungutan suara (TPS), Babinkamtibmas dari Kepolisian juga perlu meningkatkan pengawasan agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar, kondusif, aman dan damai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Airlangga Bungkam soal Rumor Dia Jadi Calon Ketua Umum Golkar Lagi

Bambang pun menekankan peran dari DPR, terutama Komisi II, dalam mendorong KPU untuk memastikan KPPS memberikan kesempatan bagi warga yang tidak termasuk dalam daftar pemilih tetap untuk memberikan hak pilihnya. 

Diingatkannya, ada aturan terkait hak memberikan suara itu seperti Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diatur secara detail di Pasal 6 hingga Pasal 9.
 
"Serta melaporkan apabila menemukan kecurangan-kecurangan yang terjadi selama pilkada berlangsung," katanya. (ren)
 

Ketua TKN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid didampingi Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud, Karaniya Dharmasaputra saat jumpa pers di Solo

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid akan bersilaturahmi menemui calon Presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024