Tingkat Kesadaran Pemilih Pilkada 2018 Luar Biasa

Penghitungan suara di Pilkada Jabar.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Adeng Bustomi

VIVA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai bahwa tingkat kesadaran politik masyarakat di 10 provinsi yang menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 terbilang sangat baik. Data yang diperoleh LSI, jumlah partisipasi pemilih atau Voter Turnout (VTO) ada pada kisaran 60 persen.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Ini membuktikan tingkat kesadaran politik masyarakat dari 10 provinsi sudah tinggi. Ini tentu menggembirakan. Luar biasa" kata Peneliti LSI Denny JA, Muhammad Khotib saat memaparkan hasil hitung cepat pihaknya di Gedung Dwi Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 27 Juni 2018.

Sementara dari 10 Provinsi yang menggelar Pilgub, kata Khatib, Jawa Barat menjadi juaranya dengan VTO 68,82 persen. Menurut Khatib, hal tersebut sangat luar biasa, mengingat wilayah Jabar merupakan daerah yang luas dengan jumlah pemilih mencapai sekitar 31 juta orang.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

"Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, apalagi wilayah Jabar sangat besar. Pada pemilihan pun dapat berjalan sesuai koridornya dan damai," kata Khatib.

Sementara dua daerah lain di Jawa yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah, tambah Khatib, kesadaran politiknya juga cukup tinggi, yakni sekitar 65,51 persen dan 64, 63 persen.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Berdasarkan survei Indobarometer, tingkat kesadaran pemilih di Jawa Barat juga cukup tinggi. Dari jumlah DPT yang mencapai 31,7 juta termasuk difabel, pemilih yang datang (partisipasi pemilih) ke TPS sebesar  67,93 persen.

Sementara itu, jumlah partisipasi  pemilih di pilkada Jateng juga sangat tinggi, mencapai 65,83 persen, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT)  Provinsi  Jawa  Tengah  sebanyak  27,1 juta. Namun jumlah yang tidak datang atau golput sebesar 34,17 persen. Dari total suara yang datang, sebesar 95,04 persen.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024