Real Count KPU, Ganjar-Yasin Ungguli Sudirman-Ida

Pasangan cagub dan cawagub Jateng nomor urut 1, Ganjar Pranowo (kiri)-Taj Yasin (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Pasangan calon Ganjar Pranowo -Taj Yasin unggul jauh dari rivalnya, Sudirman Said -Ida Fauziyah dalam real count atau penghitungan perolehan suara Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Keunggulan tersebut, berdasarkan data dari formulir C1 tiap tempat pemungutan suara atau TPS.

Berdasar data formulir C1 yang dihimpun hingga 88,68 persen siang ini, paslon Ganjar-Yasin meraih suara sebesar 59,32 persen. Sementara itu, lawannya Sudirman-Ida baru meraih suara 40,68 persen.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

"Data 88,68 terhimpun dari 56.682 TPS. Total TPS di Jawa Tengah, sebanyak 63.973, " ujar Komisioner KPU Jawa Tengah, Muslim Aisha di kantornya, Kamis 28 Juni 2018.

Dari total 56.682 TPS yang masuk, pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat itu dipilih oleh 9.262.644 orang. Sementara itu, paslon yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB itu dipilih sebanyak 6.352.985 orang.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Muslim menyatakan, perhitungan real count KPU baru akan finish 100 persen data masuk hari ini. Di mana, total formuli C1 di 63.973 akan masuk seluruhnya.

Saat ini, rekapitulasi surat suara masih berada di tingkat kelurahan, kemudian direkap di tingkat kecamatan, lalu kabupaten hingga tingkat provinsi. Sedangkan rekapitulasi surat suara di KPU Jawa Tengah, akan dilakukan pada 7 Juli 2018 mendatang.

Ia menyebutkan bahwa real count KPU saat hari pemungutan suara, Rabu 27 Juni kemarin, sempat teganggu jaringan internet. Namun, masalah tersebut kini sudah bisa teratasi.

"Masyarakat yang hendak mengakses real count bisa juga mengakses situs infopemilu.kpu.go.id, " katanya.

Sebelumnya, seluruh lembaga survei menyebutkan bahwa paslon nomor urut 1 Ganjar-Yasin menang dalam hitung cepat atau quick count.

Indobaremeter merilis Ganjar-Yasin mendapatkan perolehan suara 56,74 persen. Sementara itu, rivalnya Sudirman-Ida mendapatkan 43,26 persen suara. Quick count dari SMRC, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mendapat 58,58 persen, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat 41,42 persen. Teakhir, Pandawa Research merilis Ganjar Yasin meraih 59,22 persen dan Sudirman-Ida 40,78 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya