Situng KPU, Khofifah Unggul Sementara dari Gus Ipul

Calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa foto dengan pendukungnya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Hasil penghitungan cepat Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur mencatatkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul atas paslon nomor urut dua, Saifullah Yusuf-Puti Guntur. 

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Hasilnya tidak jauh beda dengan quick count sejumlah lembaga survei, yakni 53,68 persen untuk Khofifah-Emil dan 46,32 persen bagi Saifullah-Puti Guntur. 

Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto menjelaskan, selain rekapitulasi manual, KPU menerapkan penghitungan cepat bernama sistem informasi penghitungan atau situng yang bisa diakses secara online. "Penghitungan situng KPU berdasarkan scan Formulir C dan C1 dari 67.664 TPS," katanya dihubungi VIVA, Kamis, 28 Juni 2018. 

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

Hingga Kamis siang, menurut Arbayanto, sudah sekira 68 persen data scan C dan C1 yang masuk dari sekira 44 ribu TPS se-Jawa Timur. Bahkan, ada delapan kabupaten/kota yang data hasil pemungutan suaranya sudah masuk seratus persen. Dia membenarkan, sementara ini Khofifah unggul atas Gus Ipul versi situng. 

Namun, Arbayanto mengatakan, KPU tetap berpegang pada rekapitulasi hasil penghitungan suara secara manual. Saat ini, proses rekapitulasi berjalan di tingkat kecamatan hingga 3 Juli nanti. Kemudian rekapitulasi tingkat kabupaten/kota mulai 4 Juli hingga 6 Juli 2018. 

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

"Selanjutnya, rekapitulasi tingkat provinsi mulai tanggal 7 Juli sampai 9 Juli. Nah, dalam proses rekapitulasi berjenjang ini mungkin saja ada perbaikan-perbaikan di Formulir C atau C1. Artinya bisa saja ada salah hitung, salah tulis. Tetapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, presisi kesalahan tidak jauh, tidak sampai satu persen," ujar Arbayanto. 

Khofifah-Emil Dardak menang perolehan suara dari Saifullah Yusuf-Puti Guntur versi quick count sejumlah lembaga survei. Banyak karangan bunga ucapan selamat datang ke rumah Khofifah Indar Parawansa di Jemurwonosari, Wonocolo, Surabaya. Begitu juga para tokoh berdatangan mengucapkan selamat.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Cak Imin Rahasiakan Calon dari PKB Untuk Pilgub Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah Bahaya

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar belum mau membocorkan siapa yang akan diusung di Pilkada Jawa Timur. Dia mengatakan bahaya kalau ketahuan oleh Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024