KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Ilustrasi perlintasan kereta api
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA - PT Kereta Api Indonesia menyebut bahwa perjalanan mudik selama musim LebaranĀ 2018 berjalan aman dan lancar. Indikasi itu terlihat minimnya angka kecelakaan yang dikenal peristiwa luar biasa hebat (PLH).

KAI Daop 6 Operasionalkan 2 KA Tambahan dari Solo Balapan Saat Lebaran

"Tahun ini pelaksanaan angkutan Lebaran dari perkeretaapian kembali lancar terlaksanaĀ dengan predikat zero accident," kata Direkur Utama KAI, Edi Sukmoro, saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Selasa, 3 Juli 2018.

Namun demikian, insiden kecil seperti pelemparan batu dalam perjalanan atau kecelakaan lalu lintas di persimpangan sebidang tetap masih ada. Kejadian terakhir terjadi di kawasan Jawa Tengah tepatnya Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto.

Tiket Kereta Api Jarak Jauh Dijual Mulai Rp 25 Ribu dari 3 Stasiun Ini, Catat Rutenya

Edi menjelaskan, dua kejadian tersebut belum bisa dikategorikan PLH yang hingga memakan banyak korban jiwa. Selain itu, PLHĀ dikategorikan seperti kereta anjlok, terguling atau terjadinya benturan antarkereta.

"Gangguan pelemparan itu terjadi, tapi tidak terkategori gangguan," ujarnya.

Kereta Api Luar Biasa Terapkan Ganjil Genap, Cek Perubahan Jadwalnya!

Sementara itu, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI, Apriyono Wedi Chresnanto, menyatakan, kasus pelemparan terhadap kereta terus menjadi bahan evaluasi.

Setidaknya, KAI akan mengedepankan dialog dan sosialisasi kepada wilayah sekitar yang jumlah penduduknya cukup padat. Sepanjang kasus yang terjadi, pelemparan batu bukan murni aksi kriminal, melainkan iseng yang dilakukan anak di bawah umur.

"Saya sudah minta juga bantuan Pak Direktur Operasi supaya kepala stasiun lebih aktif ke lingkungan. Banyak bergerak ke lingkungan RT/RW. Kalau bisa tidak ada lagi (kejadian serupa)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya