Kisah Sedih Paman Fahri Hamzah Tenggelam dan Hilang di Selat Alas

Fahri Hamzah
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Selain Ratna Sarumpaet, ternyata Fahri Hamzah juga merasa kesal dengan dihentikannya operasi pencarian dan penyelamatan korban tragedi tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

Menurut wakil ketua DPR RI ini, seharusnya keputusan menghentikan operasi bukan di tangan Badan SAR Nasional. Tapi pada Presiden RI. "Keputusan bukan di SAR... Saya minta presiden yang punya perasaan dikit dong...," tulis Fahri di akun Twitternya seperti dikutip VIVA, Sabtu, 7 Juli 2018.

Fahri menuturkan, dia sangat ingin operasi pencarian korban dilanjutkan karena politikus PKS ini pernah punya kisah sedih tentang hilangnya pamannya di Selat Alas.

Fahri Hamzah: Aksi Sujud Risma Bukti ada Masalah Penanganan Corona

Fahri menceritakan, peristiwa itu terjadi saat dia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu pamannya sedang dalam pelayaran. Namun, setiba di Selat Alas, kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Sang paman ikut tenggelam dan hilang ditelan lautan. Tanpa diketahui di mana jasadnya. Keluarga Fahri, dengan sabar menanti kepastian nasib sang paman. Meski setelah bertahun-tahun tak diketahui di mana sang paman berada.

Fahri Hamzah: Jokowi Mengiba, Bukan Drama 'Marah'

Bahkan, kata Fahri, sejak kehilangan sang paman, ibunya tak mau lagi memakan ikan dari laut.

"Waktu SD Saya pernah kehilangan paman (adik ibu saya), kapalnya tenggelam di selat alas...keluarga kami menunggu bertahun2 dan ibu saya Gak mau makan ikan kaut sampai sekarang ...kelompok kalian Gak tahu perasaan orang kehilangan....sadis...tega..," tulis Fahri.

Untuk diketahui, operasi SAR tragedi KM Sinar Bangun dihentikan pada hari ke-16 pencarian. Operasi dihentikan karena tim penyelam tak mungkin lagi bisa membawa jasad para korban dari bangkai kapal.

Sebab, bangkai kapal ditemukan di dasar Danau Toba pada kedalaman 450 meter. Tak ada penyelam yang mampu melakukan penyelaman pada kedalaman itu. Jika dipaksakan, maka akan membahayakan jiwa penyelamat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya