Kemenhub Kebakaran, Ketua DPR Desak Gedung Seluruh DKI Dicek

Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambang Soesatyo
Sumber :

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mendesak,  kondisi gedung-gedung bertingkat di seluruh Jakarta, terutama gedung yang sudah berusia cukup tua, untuk dicek kondisi kelayakan, serta sistem penanggulangan kebakarannya.

Detik-Detik Kebakaran di Menara K-Link, dari Lantai 7 Hingga Merambat ke Lantai 16

Hal itu menyusul peristiwa kebakaran di Gedung Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu, 8 Juli 2018.

"Lakukan pengecekan menyeluruh terhadap sistem deteksi dan alarm kebakaran serta sarana penyelamatan dan kelengkapan gedung Kemenhub dan gedung-gedung perkantoran lainnya," ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, di Jakarta, Senin, 9 Juli 2018.

Chef dan Pengunjung Kafe Jadi Korban Kebakaran Gedung K-Link Tower

Menurut  Bamsoet, Komisi II dengan lingkup tugas Dalam Negeri, serta Komisi V yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan harus mendorong Kementerian PUPR dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan hal itu. Data Pemerintah Provinsi DKI menunjukkan, setidaknya 129 gedung bertingkat yang belum memiliki sistem proteksi kebakaran yang baik.

"Timbulnya potensi kebakaran harus diperkecil dan dampak keadaan darurat ketika terjadi kebakaran juga harus diminimalkan," ujar Bamsoet.

22 Mobil Damkar Padamkan Kebakaran K-Link Tower, Begini Kondisi Terkininya

Lebih lanjut, politikus Golkar ini mengemukakan, turut berduka cita atas peristiwa yang menimbulkan empat korban jiwa, serta 14 orang lainnya luka. Bamsoet meminta pemerintah memberi santunan kepada para korban, serta menginstruksikan Komisi III mendorong kepolisian mengusut tuntas penyebab terjadinya kebakaran.

"Setiap pemilik bangunan atau gedung juga harus melakukan pengecekan seluruh sistem keamanan termasuk pengamanan kebakaran secara berkala, sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran," ujar Bamsoet.

Dinas Pemadam Kebakaran memadamkan api kebakaran Gedung K-Link Tower

Cerita Panik Tamu Resepsi Pernikahan di Menara K-Link Saat Gedung Itu Kebakaran

Sumber api kebakaran di Menara K-Link diketahui dari lantai 7. Sedangkan resepsi pernikahan digelar di lantai 5 gedung tersebut. Tamu dan pengantin sempat dievakuasi dulu

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023