Kemenhub Ingatkan Operator Kapal soal Keselamatan Pelayaran

Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo sosialisasi keselamatan pelayaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh pihak, khususnya para pemilik operator kapal pelayaran rakyat di Pelabuhan Kaliadem Muara Angke untuk menciptakan budaya pelayaran yang selamat.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, saat memberikan pengarahan pada kegiatan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran, di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Muara Angke, Kamis, 12 Juli 2018. 

Agus meminta kepada seluruh stakeholder untuk menciptakan budaya pelayaran yang selamat. Mulai dari memastikan kapal harus disertifikasi sesuai standar yang ada, memenuhi persyaratan minimum keselamatan, melengkapi kapal dengan alat-alat keselamatan, paling sedikit harus ada life jacket, alat pemadam kebakaran dan pompa.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

"Kru kapal juga harus aktif mengkampanyekan kepada masyarakat akan pentingnya budaya keselamatan, misalnya dengan mengimbau penumpang untuk menggunakan life jacket dan tidak membuang sampah atau puntung rokok ke laut," ujar Agus. 

Menurut dia, pelabuhan Kaliadem Muara Angke memiliki peran penting sebagai titik keberangkatan kapal menuju Kepulauan Seribu, sehingga aspek keselamatan pelayaran menjadi hal yang sangat penting. Terlebih pada saat hari libur, banyak wisatawan yang akan berlayar menuju Kepulauan Seribu. 

Pembunuh Wanita Open BO di Pulau Pari Ditahan, Ternyata Pelanggan Korban

"Hari ini kita memulai kampanye keselamatan pelayaran karena keselamatan sangat penting dan menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu diperlukan sinergi dan gotong royong dengan seluruh pihak dalam menciptakan budaya keselamatan," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Junaidi menuturkan, sosialisasi keselamatan pelayaran ini untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Melalui sosialisasi keselamatan pelayaran ini kami imbau kepada semua pihak, baik operator maupun pengguna jasa agar selalu bersinergi mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran, dengan mematuhi aturan tentang keselamatan pelayaran," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya