Menantu Hendropriyono Jabat Pangkostrad

Jenderal Andika Perkasa ketika masih menjabat Pangdam Tanjungpura saat menyambut Presiden Jokowi di Pontianak.
Sumber :
  • Pangdam Tanjungpura

VIVA – Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa dipromosikan menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menggantikan Letjen Agus Kriswanto yang akan pensiun. Andika sebelumnya menjabat sebagai Komandan Diklat TNI AD (Dankodiklatad).

Mengenal 2 Sosok Pangdam Baru TNI Pasca Mutasi Akhir Maret

Sementara jabatan Dankodiklatad akan dijabat Mayjen TNI A.M Putranto, yang sebelumnya menjabat Pangdam II Sriwijaya.

Letjen Andika Perkasa termasuk dalam daftar mutasi dan jabatan 29 perwira tinggi TNI berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018, tanggal 13 Juli 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Mutasi Besar Terjadi, Panglima Geser Brigjen TNI Arnold Aristoteles dari Kostrad ke Lembah Tidar

Dalam mutasi dan promosi jabatan kali ini, ada sebanyak 22 perwira tinggi Angkatan Darat, 1 Angkatan Laut dan 6 Angkatan Udara. Mutasi jabatan ditujukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

"Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi (Pati) TNI," tulis Pusat Penerangan TNI dalam keterangan persnya, Sabtu, 14 Juli 2018.

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

Karier militer Letjen Andika Perkasa terbilang moncer. Andika baru 7 bulan menjabat Dankodiklatad dengan menyadang bintang tiga di pundak, dan kini dipromosikan menjabat Pangkostrad.

Sebelumnya, Andika menjabat Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 2016 dan menjabat Komandan Paspampres di era Presiden Joko Widodo tahun 2014. Praktis, selama Jokowi menjabat, menantu mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) Hendropriyono ini sudah tiga kali promosi jabatan dan naik pangkat.

Andika dilahirkan di Bandung pada 21 Desember 1964. Sebelum menjadi Danpaspampres, lulusan Akademi Militer tahun 1987 ini bertugas sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2013. Ia berpengalaman di bidang infanteri dan lama bertugas di Kopassus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya