Menteri Susi Tegaskan Injak Karang Saat Snorkeling dan Diving Dilarang

Aksi Menteri Susi Pudjiastuti di Festival Danau Sunter
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa menginjak batu karang di laut saat snorkeling maupun diving itu dilarang. Tindakan itu diakuinya masih menjadi kebiasaan bagi wisatawan yang berwisata ke laut. 

Mayat Perempuan Ditemukan di Dermaga Pulau Pari, Kondisi Wajah Hancur

Hal itu ditegaskan Susi menjawab pertanyaan yang sering muncul masyarakat. Terkait apa saja hal-hal yang dilarang saat menyelam. 

"Yang pasti saya pernah lihat itu biasanya lagi foto-foto gitu di air. Itu pakai fin (Kaki Katak) kan, nah fin-nya injak-injak karang. Seperti kerupuk saja diinjak, kretek-kretek gitu, nah itu tidak boleh," tegas Susi di Jakarta, Minggu 15 Juli 2018.  

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

Menurut Susi banyak masyarakat yang tidak mau berenang atau mengapung ketika snorkeling atau diving. Selain itu, juga dia pernah menemukan karang yang sudah bolong lantaran diinjak oleh fin yang sering digunakan saat menyelam.

"Ini akhirnya seperti di (perairan) Banda saya lihat ada beberapa saat berenang bagus sekali karangnya besar-besar. Eh, tiba-tiba ada yang rata bolong kayak kawah gitu. Diameternya kecil-kecil, ada yang lima meter, tiga meter," ujarnya. 

Cerita Kirana Larasati Ketemu Buaya saat Diving Bikin Ngeri: Jantung Dag Dig Dug

Menurut Susi, hal itu juga perlu menjadi perhatian pada pengelola wisata untuk melakukan briefing sebelum menyelam ke laut. Sebab ada kecenderungan saat itu para penyelam tidak mau mengapung. 

"Itu (bolong-bolong) mungkin bekas anak-anak diving yang pada lagi briefing di dalam air, semua pada berdiri. Fin-nya besar-besar," ucapnya. 

Konten kreator, Envy Marquez

Bagikan Edukasi Seputar Diving, Pengacara Cantik Asal Filipina Ini Ketagihan Jadi Konten Kreator

Konten kreator bernama lengkap Neilpon Yulinar Marquez itu pun menyebut hobinya mengeksplorasi keindahan pemandangan bawah laut tersebut sudah dilakukan sejak 2005 silam.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024