Kelompok Santoso Masih Ada, Operasi Tinombala Diperpanjang

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal (tengah) didampingi Karopenmas Divisi Humas Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kiri) dan Kabag Pensat Divisi Polri Kombes Pol Yusri Yunus (kanan) memberikan keterangan pers
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Polri kembali memperpanjang masa tugas Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah, tiga bulan ke depan. Perpanjangan dilakukan untuk memburu sisa-sisa anak buah Santoso.

Kapolri: Operasi Tinombala dan Nemangkawi Serap Biaya Tinggi

"Kami perpanjang lagi selama tiga bulan ke depan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, Jumat, 20 Juli 2018.

Setyo menuturkan, dalam operasi ini pihak Polri tetap melibatkan TNI. Apalagi keterlibatan TNI dalam penanganan terorisme telah diperkuat dengan Undang-undang Anti-terorisme yang baru.

Kapolri Listyo Ganti Nama Operasi Tinombala Jadi Madago Raya

"Sebelum ada UU (yang baru) pun Operasi Tinombala sudah melibatkan TNI, dengan kemampuan TNI yang ada di gunung, lembah, yang memang Polri tidak menjangkau ke sana, kami libatkan ke sana," kata Setyo.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah mengatakan, pihaknya siap membantu Polri memburu sisa-sisa anak buah Santoso selama tiga bulan ke depan.

Ali Kalora Cs Belum Ditangkap, Polri Perpanjang Tugas Satgas Tinombala

"Polisi minta diperpanjang, maka kami siapkan. Tapi itu kebijakannya, strateginya, dan seterusnya ada di polisi," ucap Fadhilah di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Fadhilah menuturkan, ada perubahan strategi pada perpanjangan Operasi Tinombala kali ini. Satgas Tinombala akan mengedepankan teritorial dan Kamtibmas-nya.

Menurut dia, strategi tersebut dipilih karena jumlah anggota kelompok Santoso tersisa sedikit, tak lebih dari 10 orang.

"Sehingga yang diutamakan adalah pendekatan ke orang kampung, pendekatan ke keluarganya untuk mengimbau yang anaknya masih di dalam supaya turun dengan sendirinya tanpa ada pertempuran atau tembak menembak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya