Iri Ada Dana Desa, Wali Kota Minta Jokowi Adakan Dana Kelurahan

Membuat saluran air, salah satu inisiatif warga untuk pengelolaan Dana Desa.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Para wali kota seluruh Indonesia, tidak mau kalah meminta anggaran rutin ke pemerintah. Mereka berharap, mendapat kucuran dana layaknya dana desa yang setiap tahun dianggarkan hingga miliar rupiah setiap desanya.

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Dana desa menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pemberian dana desa dimaksudkan, agar desa bisa mengembangkan berbagai programnya seperti  irigasi, perbaikan jalan desa, hingga desa wisata. Dengan dana desa, maka aparat pemerintah desa bisa melakukan pembangunan secara mandiri.

Melihat perkemnbangan dana desa itu, para wali kota yang bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor, juga meminta ada anggaran dana kelurahan layaknya dana desa.

Hasil Sementara Caleg DPR RI Banten, Airin Kalahkan Rano Karno hingga Hary Tanoesoedibjo

"Kan, dana Desa sudah ada, tapi dana kelurahan tidak ada. Padahal, persoalan perkotaan juga kompleks. Baik itu kemacetan, kriminalitas, dan lainnya, Bahkan, kemiskinan. Kalau tidak ditangani dengan baik, kriminalitas bisa tinggi, sehingga meminta kepada Presiden membuat kebijakan bahwa bantuan keuangan tidak hanya pada desa, tetapi juga ke kelurahan," ujar Ketua Asosiasi Pemerintahan Walikota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany, di Istana Bogor, Senin 23 Juli 2018.

Dana kelurahan, lanjut Wali Kota Tangerang Selatan itu, juga menjadi penting untuk dianggarkan dalam dana kelurahan. Sebab, kata Airin, bisa digunakan untuk pembangunan jalan karena  banyak jalan provinsi hingga negara yang terlambat perbaikannya, tetapi yang disalahkan adalah wali kota.

Pasangan Ganjar-Mahfud Menang di TPS Ketua TKD Banten

Dengan adanya dana kelurahan, menurut Airin, bisa menjadi jalan cepat bagi wali kota untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak itu. Atau, menurut dia, pihak pusat langsung menganggarkan ke pemerintah kota, sehingga bisa melakukan perawatan walau itu infrastruktur provinsi dan pusat.

Airin mengatakan, untuk dana kelurahan seperti dana desa, bisa dialokasikan menggunakan peraturan. Menurutnya, usulan pihaknya itu disambut baik oleh Presiden Jokowi.

"Alhamdulillah beliau (Jokowi) menyambut baik, beliau berpikir dana desa itu juga masuk ke dana keluarahan. Insya Allah, mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi untuk bisa membantu dana kelurahan," kata Airin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya