Curhat Airin ke Jokowi: Gaji Wali Kota Belum Pernah Naik

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan tiga kali sesi pertemuan dengan puluhan Wali kota seluruh Indonesia di Istana Bogor, Senin 23 Juli 2018. Salah satu yang dibahas adalah gaji aparatur sipil negara (ASN) termasuk juga di dalamnya gaji wali kota. 

Golkar Melejit di Pileg 2024, Airin Soroti Peran Besar Kader Perempuan

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengakui, masalah gaji untuk wali kota dibicarakan dengan Jokowi. Namun, ia mengaku tidak memaksa Jokowi untuk menaikkan gaji.

"Kami menyampaikan ada beberapa hal yang diharapkan oleh teman-teman (ASN), tapi sesuai dengan kemampuan juga sih.  Kami berharap ini tidak menjadi beban tetapi lebih kepada bagaimana kami bisa bekerja secara maksimal," jelas Airin, usai pertemuan.

Hasil Sementara Caleg DPR RI Banten, Airin Kalahkan Rano Karno hingga Hary Tanoesoedibjo

Dia pun mengatakan, selama ini para wali kota tidak pernah mendapatkan kenaikan gaji. Bahkan selama dua periode ini menjabat, istri Tubagus Chaery Wardana alias Wawan itu, mengaku tidak  pernah naik.

"Selama (menjadi) walikota belum pernah naik," katanya.

Airin Rachmi Diany Unggah Video Tutorial Makeup Bareng Sang Putri, Ini Hasil Akhirnya

Dana operasional pun menurutnya tidak bisa menutupi kekurangan itu. Mengingat, dana bantuan sosial juga mulai diubah oleh pemerintah. Apalagi, pengajuannya kini harus setahun sebelumnya. 

Maka, Airin yang juga Ketua Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), meminta kepada pemerintah agar nasib wali kota juga diperhatikan terutama berkaitan anggaran.

"Mudah-mudahan ada formula yang baik yang tentu tak jadi beban pemerintah pusat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya