Khofifah Tanpa Emil Dardak saat Penetapan Gubernur Jatim Terpilih

Khofifah Indar Parawansa saat penetapan sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jatim
Sumber :

VIVA – Komisi Pemilihan Umum menetapkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Whyndam Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa malam, 24 Juli 2018.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Emil Dardak absen hadir, karena menghadiri penghargaan di New York, Amerika Serikat.

Penetapan Khofifah-Emil Dardak sebagai gubernur-wakil gubernur dibacakan oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Hadir menyaksikan Ketua Badan Pengawas Pemilu Jatim, Muhammad Amin, dan perwakilan partai pendukung. Penetapan ditandai dengan penandatanganan berita acara penetapan oleh Komisioner KPU dan diserahkan ke Khofifah.

"Dengan ini kami menetapkan bahwa pasangan calon nomor urut satu, Khofifah-Emil Dardak sebagai pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih. Pasangan Khofifah-Emil Dardak memperoleh suara total 10.456.284 atau 55,55 persen," kata Eko Sasmito.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Eko mengatakan, setelah penetapan itu, tugas KPU sudah selesai dalam gelaran Pemilihan Gubernur Jatim. "Itu ditandai dengan penyerahan berita acara kepada pasangan calon terpilih. Proses selanjutnya berada di ranah Kemendagri," ujarnya.

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan salam dari pasangannya, Emil Dardak, karena tidak bisa hadir. Kata dia, Emil terpaksa absen karena menghadiri penghargaan Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018 di New York mewakili Kabupaten Trenggalek. "Ternyata, beliau satu-satunya dari Asia," ujarnya.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama penyelenggara pemilu dan partai pendukung. "Kedewasaan masyarakat untuk menghargai dan menghormati ini sangat luar biasa, sehingga Pilkada Jatim berjalan hangat," kata Khofifah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya