Adik Ketua MPR Ditangkap, KPK Sita Uang Rp700 Juta

Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) di kantor KPK, Senin, 4 Juni 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan

VIVA - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan menangkap Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan, dalam operasi tangkap tangan. Ketua KPK, Agus Rahardjo, membenarkan adanya operasi senyap tersebut.

Nurul Ghufron: KPK Bukan Ingin Meninggalkan OTT, tapi Pencegahan Lebih Beradab

"Betul, tim KPK ada yang ditugaskan di daerah Lampung Selatan, dalam beberapa hari ini," kata Agus dikonfirmasi awak media, Jumat, 27 Juli 2018.

Zainudin yang merupakan adik dari ketua MPR dan ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, ini ditangkap karena diduga terlibat transaksi suap. Agus mengatakan, selain Zainudin terdapat enam orang lain yang turut diamankan pihaknya, di antaranya dari unsur DPRD dan pihak swasta.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Penuhi Panggilan KPK

"Kamis (tadi malam sampai dini hari ini) diamankan tujuh orang yang terdiri dari unsur kepala daerah/bupati, anggota DPRD, swasta dan pihak lain yang terkait," kata Agus.

Dijelaskan Agus, OTT ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat ihwal adanya dugaan transaksi suap. Diduga, transaksi suap yang melibatkan Zainudin terkait dengan proyek infrastruktur. Tak hanya mengamankan Zainudin dan enam orang lainnya, dalam OTT ini, tim Satgas KPK juga menyita uang tunai sekitar Rp700 juta yang diduga barang bukti suap.

KPK Amankan ASN Sidoarjo Saat OTT Dugaan Korupsi Hari Ini, Siapa Dia?

"Tim mengamankan uang Rp700 juta dalam pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Diduga terkait dengan proyek infrastruktur," kata Agus.

Para pihak yang dibekuk, termasuk Zainudin saat ini sedang menjalani pemeriksaan. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata soal penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka

KPK Minim OTT, Alex Marwata: Banyak Pejabat Negara Sudah Tahu HP Disadap

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan alasan mengapa lembaganya jarang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) belakangan ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024