Lebih 500 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani Pascagempa

Proses evakuasi para pendaki di Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 29 Juli 2018.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB melaporkan bahwa tercatat sebanyak 820 orang pendaki Gunung Rinjani terjebak di gunung itu setelah gempabumi mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu pagi, 29 Juli 2018.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Berdasarkan catatan BNPB, sebanyak 617 orang di antara 820 pendaki itu ialah warga mancanegara. Sejumlah 246 orang di antara mereka sudah dievakuasi turun menurut pembaruan informasi per pukul 13.00 WIB, Minggu, 29 Juli.

“Sisanya menunggu evakuasi karena jalur Senaru dan Torean belum bisa dilalui. Kondisinya selamat,” kata kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, dikutip dari akun Twitter-nya, @Sutopo_PN.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Sutopo menuturkan kini kebutuhan mendesak untuk para korban gempabumi adalah tenaga medis, tandu, peralatan kesehatan dan makanan siap saji.

Lebih 500 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani Pascagempa

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

BPBD dan beberapa instansi lain telah menyalurkan bantuan permakanan, air mineral, tenda pengungsi, makanan lauk pauk, makanan tambahan gizi dan lainnya.

"Mobilisasi peralatan dan logistik terus dilakukan. BNPB terus mendampingi BPBD dan mengirimkan bantuan yang diperlukan. Logistik dan peralatan yang ada di gudang BPBD disalurkan untuk membantu korban," katanya.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024