IPB: Pemkab Simalungun Tak Jelaskan Alasan Setop Beasiswa Arnita

Institut Pertanian Bogor (IPB)
Sumber :
  • Facebook - Institut Pertanian Bogor (IPB)

VIVA – Institut Pertanian Bogor turut berbicara tentang ramai kabar seorang mahasiswinya berhenti kuliah, gara-gara beasiswanya disetop oleh pemerintah tempatnya tinggal, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Penghentian beasiswa itu diduga, karena si mahasiswi pindah agama.

Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam

Berdasarkan siaran pers IPB yang diterima VIVA pada Selasa 31 Juli 2018, IPB membenarkan bahwa pada awal September 2016 telah menerima menerima surat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun. Isinya, pemerintah daerah itu menyatakan tidak lagi memberi dana kepada lima mahasiswa dari kabupaten itu, karena di antaranya alasan drop out.

"Sementara, salah satu mahasiswa yang juga dihentikan beasiswanya adalah Arnita Rodelina Turnip, namun tidak disebutkan alasannya," dikutip dari siaran pers itu.

Terungkap Alasan Willy Amrull Adik Buya Hamka Pilih Pindah Kristen dan Jadi Pendeta

IPB, melalui Dr Ibnul Qayim sebagai Ketua Tim Bidang Beasiswa Utusan Daerah IPB, kemudian membalas surat dari Pemerintah Simalungun dan menyarankan agar pemerintah daerah itu tidak menghentikan beasiswa untuk Arnita.

"Sebagai pertimbangan adalah sesuai dengan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara IPB dan Pemkab Simalungun Tahun 2015, di mana jangka waktu pelaksanaan pemberian beasiswa adalah dimungkinkan sampai sembilan semester, dan nilai Arnita Turnip pada tahun pertama cukup bagus yaitu 2.71."

Top Trending: Kisah Mualaf Dokter Tirta hingga Willy Amrul Adik Kandung Buya Hamka Jadi Pendeta

Masih sah mahasiwa

IPB menjelaskan bahwa sebenarnya Arnita masih mengisi Kartu Rencana Studi atau KRS secara online pada semester ganjil 2016/2017. Namun, dia tidak mengikuti perkuliahan di semester itu, karena kendala biaya setelah tak lagi menerima beasiswa.

Enam bulan berikutnya atau ketika sudah memasuki semester genap 2016/2017, IPB belum mendapatkan informasi lebih rinci tentang Arnita dan si mahasiswi tidak lagi mengisi KRS.

"... sehingga status akademik Arnita adalah 'mahasiswa nonaktif'. Ini berarti hingga kini status akademik Arnita adalah 'nonaktif' dan bukan 'DO (drop out)."

IPB menyatakan, "pada prinsipnya, Arnita masih tercatat sebagai mahasiswa di IPB dan sedang mengajukan pengaktifan kembali. IPB sedang memproses permohonan tersebut."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya