Arus Deras, KMP Liputan XII Kandas di Perairan Selat Bali

KMP Liputan XII kandas di selat Bali
Sumber :

VIVA – Sebanyak 25 penumpang KMP Liputan XII harus dievakuasi karena kapal yang mereka tumpangi kandas di Perairan Selat Bali. Kapal dengan rute dari Pelabuhan Ketapang hendak menuju Pelabuhan Gilimanuk tersebut kandas di posisi 300 kilometer dari LCM Pelabuhan Gilimanuk, tepatnya koordinat 8° 9'25.02"S114°26'12.01"E, pada Jumat 3 Agustus 2018.

Waspada! BMKG Prediksi Gelombang Laut 3 Meter Terjadi di Bali

Nampaknya, arus deras di selat Bali menjadi penyebab kandasnya kapal. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi san Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi pada tanggal 2 Agustus 2018 dan berlaku hingga 5 Agustus 2018 melalui surat edaran resmi.

Terdapat pola tekanan tinggi di perairan barat Australia yang memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin timuran mencapai 55 kilometer per jam.

Kapal Perang TNI AL Berhasil Tembak Jatuh Drone Berbahaya di Selat Bali

"Akibat pengaruh alam ini, Selat Bali termasuk wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter," tutur Ketut Gede Ardana selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Jumat, 3 Agustus 2018.

Ia mengungkapkan bahwa Basarnas Bali selalu menempatkan personel siaga SAR di Pelabuhan Gilimanuk. "Keputusan untuk menempatkan personel di Pelabuhan Gilimanuk memang untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, sehingga respon tim kami cepat," imbuhnya.

Kapal Tujuan Lombok Terbakar, Seluruh Penumpang Dievakuasi

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menerima informasi kandasnya kapal sekitar dini hari tadi, Jumat 3 Agustus 2018 pada pukul 01.00 WITA, yakni 1 jam setelah kejadian.

Permintaan bantuan evakuasi segera ditindaklanjuti dengan menggerakkan personel siaga SAR Pelabuhan Gilimanuk menggunakan RIB ( Rigit Inflatable Boat).

Pada pukul 02.40 WITA tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 23 orang penumpang dan selanjutnya 2 penumpang lainnya telah dievakuasi sekitar pukul 05.15 WITA.

"Tadi kami kerahkan 11 personel dan bersama-sama dengan potensi SAR lainnya untuk memberikan pertolongan. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan kondisinya baik," ujar Ardana.

Selama proses evakuasi berlangsung turut melibatkan Polair Polres Jembrana, KSOP Gilimanuk, TNI AL Gilimanuk, Dinas Perhubungan Darat dan KP3 Gilimanuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya