BMKG: Gempa Lombok 7,0 SR Rangkaian Peristiwa Sebelumnya

Gempa Lombok berimbas bangunan di Bali rusak.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan konferensi pers terkait gempa yang terjadi di Lombok, Minggu, 5 Agustus 2018. Mereka menyampaikan bahwa gempa itu juga dirasakan tiga wilayah lainnya.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

"Jadi kami sampaikan sekali lagi pada 5 Agustus 2018, tepatnya pukul 18.46.35 WIB, wilayah Pulau Lombok, Bali, Sumbawa dan Jawa Timur diguncang gempa bumi tektonik," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwikorita mengatakan dari hasil analisis BMKG, gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 7, dengan koordinat 8,37 LS, 116.48 BT. Dan berlokasi di darat pada lereng utara Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada kedalaman 15 km.

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

"Mengingat episenter atau pusat gempa relatif sama dengan gempa bumi yang telah terjadi pada 29 Juli lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempa bumi ini, yang baru saja terjadi, merupakan gempa bumi utama dari rangkaian gempa bumi sebelumnya, yang merupakan gempa pendahuluan," kata Dwikorita.

Menurut informasi dari masyarakat, lanjut Dwikorita, gempa ini dirasakan di daerah Mataram, Lombok, dengan kekuatan guncangan magnitudo 7 yang menyebabkan kerusakan bangunan. Kemudian di daerah Bima, Denpasar, Karang Asem, skalanya lebih rendah yaitu magnitudo 5-6, lalu wilayah Kuta magnitudo 4 yang seharusnya tidak menyebabkan kerusakan apabila bangunan dibangun sesuai dengan standar bangunan tahan gempa.

Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

"Gempa bumi ini yang mengalami kerusakan di Lombok dan sebagian wilayah Bali. Kami masih menunggu laporan dari lapangan tentang kondisi kerusakan ini termasuk dari BPBD setempat," ujarnya.

Warga mengangkat sepeda dari reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Barat, NTB, 2018 lalu.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Jaminan hidup tahap II untuk korban gempa NTB senilai Rp89,36 miliar akan disalurkan pada akhir bulan November 2020.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020