Ratusan Orang dari Gili Trawangan Dievakuasi ke Lombok Utara

Foto udara kawasan wisata Tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air)
Foto udara kawasan wisata Tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Ratusan orang di tiga pulau yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat akan segera dievakuasi menuju Lombok Utara. Tiga pulau itu merupakan destinasi wisata, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Selain warga, evakuasi juga akan dilakukan terhadap wisatawan yang sedang berlibur di tiga gili ini.

Saat gempa 7 Skala Richter mengguncang NTB, warga di wilayah tiga gili ini menyelamatkan diri ke bukit yang ada di pulau. Menurut Kakansar Mataram I Nyoman Sidakarya, saat ini sudah disiapkan kapal untuk mengangkut mereka.

Tahap pertama, dalam perbincangannya dengan tvOne, Senin pagi 6 Agustus 2018, sudah dievakuasi 40 orang dan masih sekitar 700 orang lagi yang akan diangkut dengan kapal milik TNI AL.

"Tadi pagi kapal sudah diberangkatkan, warga akan dibawa ke Lombok Utara. Kondisi ada yag luka, syok karena takut tsunami," kata dia.

Proses evakuasi oleh tim Basarnas akan dilakukan bertahap karena kapal tidak bisa langsung merapat ke pantai. Untuk evakuasi, warga akan diangkut dengan perahu karet terlebih dahulu.

Sidakarya juga menuturkan, mendapat informasi seorang warga meninggal dunia namun belum diketahui identitasnya dan akan segera dievakuasi.