Menag Ajak Warga Doa Bersama untuk Korban Gempa Lombok

Kerusakan bangunan di Bali akibat gempa bumi di Lombok
Sumber :
  • REUTERS/Nyimas Laula

VIVA – Gempa berkekuatan 7 Skala Ritcher (SR) terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu, 5 Agustus 2018. Akibat gempa itu dikabarkan puluhan orang meninggal dunia dan ratusan bangunan rusak. 

Deretan Fakta Gempa Magnitudo 7,1 yang Bikin Panik Warga Lombok

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak umat beragama mengadakan doa bersama untuk keselamatan, kesabaran, dan ketabahan masyarakat NTB dan Bali yang mengalami dampak buruk dari peristiwa alam tersebut. 

"Khusus kepada umat Islam, mari kita lakukan salat gaib untuk para korban wafat," ajak Menag di Jakarta,  Senin, 6 Agustus 2018. 

Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Filipina dengan Hebatnya

Lukman juga mengajak masyarakat untuk menggalang bantuan guna meringankan beban korban. "Mari kita galang dukungan bantuan dalam bentuk apapun untuk meringankan beban derita yang dialami saudara-saudara kita yang terdampak langsung oleh peristiwa gempa," tuturnya. 

Menteri Agama Lukman beserta jajarannya dijadwalkan akan menggelar Salat Gaib berjamaah di Kantor Kementerian Agama. 

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

"Saya minta kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten, Kota di wilayah Nusa Tengga Berat beserta jajarannya untuk proaktif dalam membantu penanganan korban gempa," tandasnya.

Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat terus bertambah. Hingga pukul 07.20 WIB sudah tercatat sebanyak 89 orang meninggal dunia yang tersebar di berbagai wilayah di NTB.

Bahkan, tadi pagi sekira pukul 07.32 WIB Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis telah terjadi gempa susulan 5,4 SR yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya