Ratusan Personel Polri Dikerahkan Bantu Korban Gempa Lombok

Pasukan Brimob saat berbaris (foto Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Gempa bumi yang mengguncang kawasan Lombok, Minggu 5 Agustus 2018 malam menyebabkan puluhan orang meninggal dunia. Polri pun terjun ke lokasi guna membantu penanganan di sana.

Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Filipina dengan Hebatnya

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi M.Iqbal mengatakan hari ini ada anggota Polri yang diberangkatkan demi misi kemanusiaan di sana.

"Hari ini diberangkatkan 4 SSK dari Korbrimob Polri 2 SSK, 2 SSK dari Polda Jatim, dan tambahan 1 helikopter yang di lokasi sudah ada," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Agustus 2018.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Iqbal menambahkan, nantinya mereka akan dibagi ke beberapa tempat. Ada yang ke Lombok Utara, ada juga ke Lombok Timur.

"Ditambah lagi dan 5 tim kesehatan, jadi artinya hari ini akan berangkat 460 personel 400 tim Polri 60 tim kesehatan dan akan langsung menuju Mataram dulu dan langsung berbagi tugas menuju Lombok Utara dan Timur," katanya.

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Renovasi Rumah Terdampak Gempa NTB

Dia melanjutkan bantuan yang disiapkan adalah berupa makanan, peralatan kesehatan, juga obat-obatan. Ia mengatakan semua peralatan yang dibutuhkan dalam misi kemanusiaan itu disediakan pihaknya.

"Prinsipnya kita akan maksimal kesana dan sekarang Polda NTB dan seluruh jajaran sudah berada di lokasi sejak peristiwa gempa terjadi sudah melakukan pertolongan. Operasi-operasi kemanusiaan apapun sudah dilakukan baik pertolongan kesehatan, evakuasi, juga bantuan makanan," ujar dia lagi. (ren)

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Deretan Fakta Gempa Magnitudo 7,1 yang Bikin Panik Warga Lombok

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi pada Selasa pukul 02.55 WIB. Pusat gempa bumi itu dilaporkan berada di laut pada kedalaman 525 km sekitar 163 km timur laut Lombok Utara

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023