Jokowi Tak Segera Kunjungi Lombok karena Tak Mau Merepotkan

Presiden Jokowi saat melihat persiapan tim silat Indonesia.
Sumber :
  • Agus Rahmat

VIVA – Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat diperkirakan akan terus bertambah. Tercatat sebanyak 89 orang meninggal dunia akibat bencana ini.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Presiden Joko Widodo yang Senin pagi tadi melihat venue dan persiapan tim Pencak Silat Indonesia untuk Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Indah, menyampaikan duka yang mendalam terhadap masyarakat di Lombok, NTB. Jokowi telah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto, untuk mengkoordinasikan jajaran terkait untuk penanganan gempa.

Menurut Presiden Jokowi, dia belum bisa datang ke Lombok dalam waktu dekat. Mengingat masih dilakukan penanganan teknis. Ia mengaku, belum ingin merepotkan tim lapangan yang sedang bekerja.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Kalau saya ke sana justru bisa mengganggu konsentrasi aparat yang sedang bekerja di lapangan. Saya akan cari waktu, yang pasti yang tidak mengganggu proses evakuasi," kata Jokowi, yang seminggu sebelumnya atau pada 30 Juli 2018 juga telah ke Nusa Tenggara Barat untuk meninjau korban gempa bumi di sana.

Penanganan bangunan-bangunan yang rusak, lanjut Jokowi, tetap akan menjadi perhatian serius pemerintah. Sama seperti saat gempa awal beberapa pekan lalu.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Hanya saja, berapa nominalnya masih harus dihitung. Mengingat gempa yang terjadi kemarin, sangat besar yakni 7,0 SR.

"Saya kira kita akan melihat dulu keadaan di lapangan. Kemarin hanya 5 (SR) dan ini 7 (SR). Kita putuskan setelah melihat. Bahwa diberikan bantuan iya tapi jumlahnya belum," kata Jokowi. (ren)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024