RSUD Mataram Siap Lakukan Trauma Healing Korban Gempa

Evakuasi pasien rumah sakit akibat gempa bumi Lombok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA –  Korban akibat gempa yang terjadi di Lombok masih terus didata. Di RSUD Mataram, tercatat 72 korban sudah mereka tangani.

Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Filipina dengan Hebatnya

Menurut Humas RSUD Mataram, Solikhin, dari 72 orang korban gempa yang mereka rawat, empat orang di antaranya meninggal dunia dan delapan lainnya diperbolehkan pulang. Sisanya masih dalam perawatan di rumah sakit. Kebanyakan korban datang dengan kondisi cedera kepala atau patah tulang.

"Korban yang datang ke RSUD Mataram berasal dari berbagai wilayah. Ada yang dari Lombok Barat, Utara, juga dari Mataram," ujarnya saat diwawancara tvOne, Senin, 6 Agustus 2018.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Ia menjelaskan, saat ini seluruh pasien dirawat di tenda darurat. Sebab pihak rumah sakit masih menunggu hasil pemetaan Kementerian PUPR untuk memastikan apakah RSUD Mataram masih aman digunakan. "Sejauh ini sepertinya masih aman, hanya ada beberapa ruangan yang bagian atapnya copot," ujar Solikhin.

Solikhin juga mengatakan, karena kondisi pasien kebanyakan adalah korban gempa, maka pihaknya tak hanya melayani pengobatan fisik, tapi juga melakukan trauma healing. Jadi tenda tempat merawat pasien akan terus didirikan hingga bangunan RSUD Mataram dinyatakan aman dan bisa kembali digunakan. 

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Renovasi Rumah Terdampak Gempa NTB

"Mereka ini mengalami trauma psikologis, bukan hanya luka fisik. Jadi kami akan lakukan juga trauma healing agar mereka benar-benar bisa pulih," ujarnya menambahkan. (mus)

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Deretan Fakta Gempa Magnitudo 7,1 yang Bikin Panik Warga Lombok

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi pada Selasa pukul 02.55 WIB. Pusat gempa bumi itu dilaporkan berada di laut pada kedalaman 525 km sekitar 163 km timur laut Lombok Utara

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023