Pusat Gempa 7,0 SR Lombok 'Ditemukan' di Tengah Sawah

8.287°S 116.451°E Google Maps.
Sumber :
  • Google Maps.

VIVA – Gempa besar dengan magnitude 7,0 pada Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu petang, 5 Agustus 2018.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi, pusat gempa 7,0 SR berada di daratan yakni pada titik koordinat 8.37 Lintang Selatan 116.48 Bujur Timur, pada kedalaman 15 kilometer.

Sementara itu, menurut data yang disiarkan Badan Geologi Amerikat, United States Geological Survey (USGS), gempa Lombok memiliki magnitude 6,9.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Gempa terjadi di daratan pada titik koordinat 8.287°S 116.451°E, pada kedalaman 31 kilometer.

Mungkin banyak yang ingin tahu, di sebelah mana sebenarnya pusat gempa besar itu berada, karena gempa berpusat di daratan?

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Peta United States Geological Survey (USGS)

Dari penelusuran VIVA dengan menggunakan fasilitas Google Maps, jika menggunakan data titik koordinat versi USGS, 8.287°S 116.451°E maka ditemukan fakta bahwa pusat gempa besar Lombok berada di tengah sawah.

Area persawahan itu terdata berada di wilayah Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Gambar satelit yang ditampilkan Google Maps memperlihatkan, sawah tempat pusat gempa itu berada tak jauh dari pemukiman warga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya