Pasca Gempa Lombok, Basarnas Evakuasi Turis di Gili Trawangan

Basarnas evakuasi wisatawan mancanegara di Gili Trawangan, pasca gempa Lombok
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Proses evakuasi ratusan wisatawan mancanegara dan lokal yang ada di tiga Gili, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno masih terus berlangsung. Mereka akan dievakuasi ke Lombok oleh Badan SAR Nasional atau Basarnas.

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo

"Evakuasi korban dari Gili ke Pelabuhan Bangsal di Lombok," kata Humas Basarnas, M Yusuf Latif dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Agustus 2018.

Berdasarkan informasi di lapangan, proses evakuasi dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama berhasil mengevakuasi 61 orang, terdiri atas 49 WNI dan 12 warga negara asing (WNA).

Eks Kabasarnas Henri Alfiandi Didakwa Terima Suap Rp 8,6 Miliar

Kemudian, tahap kedua sebanyak 77 orang, terdiri atas 19 WNI dan 58 WNA. Tahap ketiga sebanyak 70 orang, terdiri atas 64 WNI dan 6 WNA.

Meski begitu, Yusuf belum merinci berapa jumlah wisatawan yang sudah berhasil dievakuasi sejauh ini. Begitupun apakah ada korban jiwa dalam evakuasi yang dilakukan karena pihaknya masih terus melakukan proses tersebut.

4 Killed Over Floods, Landslides in West Bandung

Gempa berskala 7,0 SR mengguncang kawasan Lombok, Minggu 5 Agustus 2018 malam. Dari data yang dihimpun BNPB hingga hari ini, 91 warga tewas, 209 luka-luka, sejumlah rumah rusak, dan ribuan warga mengungsi.

BNPB juga mencatat, akibat kejadian itu, kini warga yang ada di sana mengalami krisis. Mereka mengalami krisis air bersih juga listrik yang padam.

Basarnas Medan saat melakukan evakuasi turis Perancis di kawasan objek wisata Bukit Sipiso-piso.(dok Basarnas Medan)

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Tim SAR berhasil menemukan korban berada di tepi Sungai di bawah jurang. Korban mengalami luka-luka dan patah tulang. Sebelumnya korban dikabarkan diganggu OTK.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024