BPJS Kesehatan Terus Defisit, JK Pastikan Tak Naik

Petugas melayani warga yang mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan iuran peserta BPJS Kesehatan tidak akan berubah meski lembaga pelaksana jaminan sosial itu terus mengalami defisit anggaran.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Defisit anggaran BPJS Kesehatan tahun ini diprediksi Rp11,2 triliun. Jumlah tersebut meningkat dari defisit tahun lalu sebesar Rp9,75 triliun. "(Kenaikan iuran) tidak sekarang," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018.

Menurut JK, defisit terjadi karena besaran iuran senantiasa diupayakan terjangkau, sepanjang empat tahun layanan itu berjalan hingga saat ini. Di sisi lain, bentuk manfaat yang bisa diterima para pesertanya terus bertambah banyak. "Selama empat tahun tentu kita tahu, kita menjaga tarif yang terjangkau oleh masyarakat," ujar JK.

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

JK menyampaikan, upaya efisiensi dituntut untuk dilakukan BPJS Kesehatan. Di antaranya dengan memastikan masyarakat menggunakan layanan secara tepat sehingga tidak malah membuat anggaran terbebani.

"Bukan mengurangi (manfaat) tapi mengefisienkan. Artinya memberikan layanan yang perlu. Jangan ada orang yang tiap hari pergi fisioterapi contohnya, ataupun bakti sosial tapi masuk BPJS," ujar JK. 

Lewat Skrining Riwayat Kesehatan, Generasi Milenial ini Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

JK memastikan, pemerintah pada tahun ini akan kembali menalangi defisit anggaran BPJS Kesehatan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. JK meminta BPK dan BPKP untuk melakukan audit yang tepat terhadap BPJS Kesehatan sehingga besaran defisit juga bisa ditalangi dengan akurat. "BPKP, BPK, harus turun tangan untuk mengaudit semua itu," ujar JK.
 

Operasi Katarak, Juling dan Implan Glaukoma di JEC Eye Hospitals Group

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Tanpa ada pembeda dengan pasien reguler, pasien peserta BPJS kesehatan akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis mata profesional yang tentunya berpengalaman.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024