Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha, Sabtu 11 Agustus

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah.

VIVA – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Dzulhijah 1439 Hijriah, Sabtu, 11 Agustus 2018. Sidang ini untuk menentukan Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijah. 

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Sidang isbat menentukan satu Dzulhijah itu akan dilakukan pada hari Sabtu, Insya Allah pada tanggal 11 nanti sore hari," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Ancol, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Agustus 2018. 

Sidang isbat itu akan digelar di kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat setelah salat magrib. "Itu akan diumumkan kapan satu Dzulhijah sehingga kemudian kita bisa memastikan kapan Idul Adha itu," ujarnya. 

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Namun, dalam penentuan awal Dzulhijah itu pemerintah Indonesia akan menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi kapan penentuan waktu wukuf tersebut. "Kita kan harus menunggu pengumuman dari pemerintah Saudi Arabia kapan wukuf," katanya. 
 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024