BMKG Ungkap Bangkitnya Gempa 6,2 SR yang Guncang Lombok

Peta lokasi pusat gempa di Lombok.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika telah melakukan analisa terhadap gempa dengan magnitude 6,2 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis siang, 9 Agustus 2018.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Dari hasil analisa BMKG, gempa yang dimutakhirkan berkekuatan 5,9 SR, dilihat dari lokasi terjadinya, yakni pada koordinat 8,49 LS dan 116,19 BT, dari kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya, gempa ini berjenis gempabumi dangkal.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, gempa ini terjadi akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik atau Thrust Fault. Mengingat episenternya relatif sama dengan gempabumi yang terjadi pada 5 Agustus 2018 lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi susulan atau aftershock dari rangkaian gempabumi yang terjadi sebelumnya," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Lombok Utara III SIG-BMKG (VI MMI), Mataram II SIG-BMKG (V MMI), Klungkung, Denpasar, dan Lombok Tengah II SIG BMKG (III-IV MMI), Sumbawa dan Karangasem II SIG-BMKG (III MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Penjelasan Pakar Geologi soal Gempa Tuban yang Guncang Jawa Timur

Hingga pukul 13.05 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 362 aktivitas gempabumi susulan (aftershock), di antaranya 18 gempabumi dirasakan.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Rahmat.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024