Pemkot Semarang Perkenalkan Motor Listrik Asli Buatan Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi
Sumber :

VIVA – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi datang ke kantornya di Jalan Pemuda nomor 148 Kota Semarang dengan mengendarai sebuah sepeda motor. Ini sedikit berbeda dengan kebiasaannya pada setiap hari Jumat yang sering kali berangkat ke kantor menggunakan sepeda. Namun walaupun begitu, hal tersebut bukan berarti mengurangi semangatnya untuk mengkampanyekan pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor. Pasalnya sepeda motor yang dikendarainya merupakan sepeda motor listrik yang tidak memproduksi emisi gas buang seperti sepeda motor konvensional.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Menariknya lagi, sepeda motor listrik tersebut diperkenalkan oleh Wali Kota Semarang yang juga biasa disapa Hendi tersebut sebagai produk sepeda motor listrik asli buatan Kota Semarang. "Ini buatan Kota Semarang lho", tutur Hendi sembari mencopot helm yang dipakainya. "Nggak ada suaranya kan? Ini pakai listrik jadi nggak ada asapnya juga", lanjutnya.

Hendi mengaku memperkenalkan motor listrik buatan Kota Semarang tersebut sebagai bagian dari upaya mendorong pengurangan emisi gas buang yang ada di Kota Semarang. Setelah sebelumnya mendorong perubahan transportasi umum Bus Trans Semarang menjadi berbahan bakar gas, serta mengusahakan pembangunan transportasi alternatif Monorel di Kota Semarang, penggunaan sepeda motor listrik ini disebutnya juga sebagai solusi permasalahan polusi di Kota Semarang.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Sepeda motor listrik buatan Kota Semarang tersebut sendiri telah diproduksi secara masal oleh Viar Motor Indonesia yang merupakan produsen motor pabrikan asal Kota Semarang. Sehingga sepeda motor listrik dengan seri Q1 tersebut pun sudah dapat dibeli dan digunakan secara massal oleh masyarakat Kota Semarang.

Dengan menggunakan baterai jenis Lithuium-ion maintenance free yang mempunyai spesifiksi 60v20AH, kapasitas maksimum untuk daya listrik sepeda motor Q1 ini yakni 2 kWh dengan estimasi pengisian penuh memerlukan waktu selama kurang lebih 5 hingga 7 jam. Dan untuk pengisiannya sendiri dapat menggunakan charger dengan spesifikasi 220 volt berfrekuensi 50 Hz.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Hendi menjelaskan jika sepeda motor listrik Q1 buatan Kota Semarang tersebut mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer dalam sekali pengisisan. Dirinya melanjutkan jika Q1 dapat menempuh jarak hingga 30 kilometer dalam setiap 1 kWh. Maka dengan tarif listrik per kWh sekitar Rp 1467,28, dapat disimpulkan bila Q1 tak hanya mengurangi emisi gas buang, tetapi juga lebih irit bila dibandingkan dengan sepeda motor biasanya.

"Saya tentu mengharapkan produk ini diterima antusias oleh masyarakat, sehingga kita dapat bergerak bersama mengatasi permasalahan polusi udara yang ditimbulkan oleh emisi gas buang di Kota Semarang, apalagi produk ini adalah buatan Kota Semarang yang harus bersama-sama kita dukung juga", harap Wali Kota Semarang yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan tersebut.

Yadea Kemper RC

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Yadea Kemper RC, sebuah motor listrik sport touring full-fairing yang baru saja diluncurkan di EICMA 2023, siap menggemparkan dunia otomotif dengan desainnya yang menawan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024