Menteri Agama Berharap Waktu Idul Adha 2018 Bersamaan 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah akan menggelar sidang isbat penentuan awal Dzulhijah 1439 Hijriah akhir pekan ini di kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat. Sidang dilakukan untuk mengetahui kapan pastinya hari Raya Idul Adha 2018. 

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Sidang isbat akan dilakukan tanggal 11 Agustus 2018 sore setelah magrib," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Menurut dia, ada puluhan titik pemantau hilal di seluruh Tanah Air dan nantinya dari hasil pemantaun itu akan dilaporkan dan dibahas dalam sidang isbat tersebut. 

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

"Ada puluhan jumlahnya saya tidak tahu persis tapi kalau tahun lalu ada 90 titik. Itu yang nanti akan didengar laporannya," ujarnya. 

Lukman berharap, pada hari Raya Idul Adha 2018 ini waktunya bisa bersama-sama di seluruh Indonesia dan tidak ada perbedaan dalam merayakan Lebaran Haji tersebut.

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

"Mudah-mudahan (bisa sama waktunya Idul Adha)" katanya. (ren)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024