Yuk, Berkurban dan Sumbang Kurma untuk Korban Gempa Lombok

Evakuasi korban gempa Lombok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, mengimbau agar kurban yang dilaksanakan masyarakat pada 22 Agustus 2018 mendatang, dagingnya dapat disalurkan untuk masyarakat Lombok yang mengalami bencana alam gempa bumi.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Dia mengungkapkan, pada bulan Dzulhijah ini diharapkannya momentum ibadah kurban masyarakat bisa diarahkan untuk membantu korban di Lombok, tidak hanya daging namun juga bisa dalam bentuk lebih seperti bantuan materi.

"Dzulhijah inikan ada ajaran agama meminta kita berkurban. Jadi berkurban itu memang intinya tentu sapi, tapi harapan kita ya sekiranya lebih dari itu kita harap juga dalam bentuk materi untuk kurangi beban keluarga kita yang tinggal disitu," ujar dia saat ditemui di kantornya, Sabtu malam, 11 Agustus 2018.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Lebih lanjut dia mengharapkan, masyarakat juga mau memberikan makanan-makanan jadi lainnya, seperti kurma, agar memudahkan masyarakat Lombok. Sebab infrastruktur untuk masak-memasak sangat minim di tempat-tempat pengungsian.

"Saya berharap sekarangkurban, kurma, itu bisa dibawa ke Lombok. Saudara-saudara kita di sana tentu saja mereka tidak lagi memikirkan itu, karena kondisi mereka di pengungsian itu. Jadi jangan lagi dibebani untuk memasak dan sebagainya. Nah dari kita bantulah mereka itu," ungkapnya.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Senada, Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan MUI Basri Bermanda juga mengimbau agar masyarakat mengirimkan kurbannya kepada masyarakat Lombok. MUI pun dikatakannya sudah mempersiapkan pelaksanaan kurban di Lombok.

"Kami ada koordinasi nanti tentang pelaksanaan kurban. Insya Allah tim kita akan menghimpun kurban-kurban itu karena tidak bisa spontan untuk siapkan itu. Karena pengungsinya sangat banyak. Maka dari itu kami sudah bikin tim," kata Basri. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024