Warisan Terakhir Ridwan Kamil untuk Kota Bandung

Calon Gubernur Provinsi Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (tengah) memberikan keterangan kepada awak media
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, memastikan proyek pembangunan Skywalk Cihampelas tahap II tuntas pada Desember 2018. Pembangunan pedestrian senilai Rp9 miliar ini digadang - gadang menjadi program terakhir Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Proyek tahap II ini berjalan sejak Kamis 9 Agustus 2018 dengan target waktu pengerjaan selama empat bulan.

“Yang saya tahu akhir Desember selesai. Saya dengar kabar sudah dimulai (pengerjaannya),” ujar Ridwan Kamil di Bandung Jawa Barat, Minggu, 12 Agustus 2018.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Ridwan Kamil menjelaskan, lelang proyek pembangunan di masa akhir jabatannya sebagai Wali Kota terus dipercepat. Proyek-proyek tersebut nantinya ditangani oleh wali kota selanjutnya.

“Karena saya sudah arahkan lelang-lelang agar dipercepat, sehingga nanti warisan saya di akhir Desember kira-kira itulah yang menjadi akhir dari jabatan saya,” terangnya.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan, berbeda dengan konsep skywalk sebelumnya yang mampu menampung pedagang kaki lima, skywalk tahap II akan dikhususkan untuk pejalan kaki.

"Panjangnya 250 meter. Tidak ada perbedaan desain, cuma tidak ada lokasi pedagang. Khusus untuk pedestrian, pot tanaman, lampu dan ada kelengkapannya yang lain," ucap Arief saat ditemui di Taman Sejarah, Jalan Aceh Kota Bandung.

Arief pun belum bisa memberi keputusan bahwa nantinya para PKL ingin berjualan di skywalk. Namun, kata Arief, secara desain skywalk tahap II tak diperuntukkan bagi pedagang.

"Kalau untuk PKL-nya itu Dinas Koperasi dan UMKM. Kalau memang ada itu kita bicarakan bagaimana teknisnya. Cuma kami tidak mendesain untuk adanya penampungan PKL, ini hanya ruang publik dan untuk pedestrian," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya