Ada Ramalan Gempa Susulan 7,5 SR di Lombok, BNPB: Itu Hoax

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Setelah gempa besar 7 SR yang mengguncang Lombok pada 8 Agustus lalu, hingga saat ini gempa susulan masih sering terjadi. Per hari ini pukul 15.00 WITA, tercatat 576 gempa susulan di wilayah NTB dan sekitarnya. Intensitas gempa susulan kecil, dan diperkirakan gempa susulan ini masih akan terjadi hingga 4 minggu ke depan.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyayangkan masih banyak beredar hoaks atau informasi menyesatkan di sosial media mengenai gempa susulan Lombok. Isinya bahwa nanti malam pukul 22.30 WITA hingga 23.59 WITA diperkirakan kekuatan gempa susulan 7,5 SR, dan diharapkan tidak berada di dalam rumah. Demikian seperti dikatakan Sutopo dalam rilis yang diterima VIVA, Minggu, 12 Agustus 2018.

Ada juga hoax yang disebarkan di sosial media dengan mencantumkan foto dan nama Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Isinya menyebutkan adanya ramalan orang Belanda yang memperingatkan akan ada gempa besar. Planet ini sangat sibuk dengan peristiwa alam gempa dan gunung meletus. Akan terjadi gempa bumi dangkal yang besar akan terjadi di Indonesia.
 
"Itu semua hoax. Tidak benar. Ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia saat ini belum bisa memprediksi gempa secara pasti, di mana, kapan, berapa besar gempanya. Untuk itu, jika masyarakat menerima informasi hal itu dalam bentuk apa pun akan terjadi gempa dengan menyebutkan waktu, magnitude, lokasi, itu tidak benar. Abaikan dan jangan ikut-ikutan menyebarkan," ucapnya. (ase)

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar
Amanda Manopo

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Baru-baru ini, Amanda Manopo meluapkan kekesalannya di sosial media. Ia kesal dengan penggemar yang bikin gosip baru bahwa dia ikut rayakan Lebaran dengan Arya Saloka

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024