Pagi-pagi, Jokowi dan TGB Boncengan Naik Trail Tinjau Pengungsi

Rombongan Presiden Jokowi naik trail tinjau pengungsi Lombok
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau sejumlah posko pengungsian di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Dari Dusun Karang Subagan, Jokowi dan Gubernur NTB, M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), melanjutkan ke Posko Terengan Tanah Ampar, Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Selasa 14 Agustus 2018.

Mengingat jalan yang tidak terlalu luas, maka rombongan menggunakan motor trail milik TNI. Jokowi dan TGB berada di satu motor. Mereka berboncengan.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dalam perjalanan kurang lebih 1 kilometer itu, beberapa kali rombongan harus berhenti karena sejumlah kamp posko pengungsian dilewati. Jokowi dan TGB melayani warga yang meminta foto bersama. 

Tiba di lokasi, Jokowi dan TGB langsung meninjau tenda-tenda. Lokasi tenda ada yang berada di perbukitan, sehingga hanya jalan setapak yang dilalui.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Dalam pengarahannya, Jokowi kembali menjelaskan bahwa pemerintah membantu para korban, setiap rumah yang rusak, dibantu dengan Rp50 juta. Adapun rusak sedang dan ringan yakni Rp25 juta dan Rp10 juta. 

Para warga juga mengeluhkan persoalan pendidikan anak mereka. Jokowi lalu memberi jaminan, tidak akan ada masalah. Bangunan sekolah yang rusak juga akan diperbaiki dalam sepekan ke depan. 

"Kita harus semangat kembali untuk membangun. Sekolah akan dibangun. Dan urusan ujian akan diatur mendikbud. Tidak akan menyulitkan anak-anak, akan dipermudah," kata Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya