Imbas Penguatan Dolar, Harta Sandiaga Uno Terus Meningkat

Bakal cawapres Sandiaga Uno melaporkan hartanya ke KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pendukung Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan harta kekayaan yang dilaporkan Sandiaga ke KPK dapat diakses melalui situs resmi lembaga antirasuah itu.

Setahun Jadi Wali Kota Harta Naik Rp4 Miliar, Ini Penjelasan Gibran

Mantan Menteri ESDM tersebut enggan merincikan total kenaikan harta Sandi. Meskipun rupiah terus melemah harta kekayaan Sandiaga naik secara signifikan dari yang dilaporkan sebelumnya.

Hal itu lantaran sebagian besar harta Sandiaga dalam bentuk saham yang nilainya terus alami peningkatan seiring menguatnya dollar Amerika Serikat terhadap Rupiah.

KPK: Tak Mau Lapor Harta Kekayaan, Berhenti Jadi Pejabat

"Nanti kalau anda lihat websitenya maka kenaikannya itu cukup signifikan karena kurs dolar terhadap rupiah begitu naik begitu tinggi harga saham juga naik," kata Sudirman usai mendampingi Sandi di kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Agustus 2018.

Sudirman mengungkapkan salah satu saham Sandiaga yang naik signifikan adalah perusahaan yang didirikannya PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Saham SRTG melesat naik hingga 2,96 persen ke level Rp3.820 per saham saat sesi awal perdagangan pada Jumat, 10 Agustus 2018 atau saat Sandiaga bersama Prabowo mendaftar ke KPU.

Harta Nurul Ghufron Naik Sejak Jadi Pimpinan KPK, Ini Rinciannya

Namun, Sudirman menyatakan, Sandi tak hanya memiliki saham di Saratoga. "Salah satunya saham di Saratoga tapi bukan itu saja," katanya.

Sandiaga sendiri mengaku rutin melaporkan hartanya setiap tiga bulan sekali setelah dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI. Hal ini lantaran sebagian besar atau 90 persen hartanya merupakan saham yang nilainya terus mengalami perubahan sesuai kurs dan kondisi pasar modal.

"Jadi karena sebagian besar, hampir 90 persen yang dilaporkan itu tercatat di bursa dan ini juga menjadi perhatian kami. Makanya setiap tiga bulan kami melakukan pelaporan," kata Sandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya