2018 Bendera Merah Putih Berkibar di Lautan Pasir Gunung Bromo

Upacara Bendera di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada Selasa, 14 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Warga Sukapura di Probolinggo, Jawa Timur, memiliki tradisi unik menggelar upacara bendera menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di lautan pasir Gunung Bromo. Sebanyak 2.018 helai bendera Merah Putih dikibarkan pada Selasa, 14 Agustus 2018.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Kegiatan peringatan proklamasi kemerdekaan RI dilakukan atas inisiatif warga setempat. Selain itu, komunitas pecinta alam dan Pramuka juga turut serta.

"Awalnya 2.018 bendera, tapi mencapai 2.300 bendera. Sebelumnya ada upacara bendera, kemudian pembentangan bendera merah putih raksasa," kata Camat Sukapura, Yulius Christian.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

2018 Bendera Merah Putih Berkibar di Lautan Pasir Gunung Bromo

Saat pembentangan bendera diiringi lagu Indonesia Raya dan Berkibarlah Benderaku, dilanjutkan 350 penari turut memeriahkan upacara bendera unik itu.

Investasi Dunia Menunggu, Anggota DPR Sarankan Pemerintah Segera Proklamasi Ibu Kota Pindah

"Semua peserta membawa bendera merah putih, setelah upacara langsung ditancapkan di patok-patok yang ada di Bromo. Di bagian kawah Bromo, puncaknya nanti Polisi dan TNI yang mengibarkan. Sedangkan yang di upacara cuma penancapan 2.018 bendera," kata Yulius.

2018 Bendera Merah Putih Berkibar di Lautan Pasir Gunung Bromo

Upacara bendera berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini upacara dilakukan pada 14 Agustus. Selain untuk memperingati Hari Kemerdekaan juga untuk memperingati Hari Pramuka.

Pada tahun ini jumlah peserta upacara bendera mencapai tiga ribu orang. Bahkan besarnya minat masyarakat, panitia dari meminta peserta upacara membawa bendera Merah Putih sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya