Ridwan Kamil Terbang ke Lombok, Kirim Bantuan Rp2 Miliar

Donasi dari Jawa Barat untuk korban gempa Lombok.
Sumber :

VIVA – Korban gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali mendapat bantuan dana langsung sejumlah Rp2 miliar. Dana tersebut diberikan oleh Pemerintah Kota Bandung. 

Gempa 7,1 Skala Richter Guncang Filipina dengan Hebatnya

Jumlah tersebut bertambah dari yang sebelumnya terkumpul Rp1,3 miliar. Bantuan dana tersebut disalurkan ke tiga lembaga di Lombok yaitu Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa dan relawan Bandung yang secara seremonial diterima oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.

"Bantuan ini terkumpul dalam enam hari. Target kita akan mengumpulkan dana selama 30 hari. Jadi nanti akan ada bantuan lagi," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil seusai penyerahan bantuan, Kamis, 16 Agustus 2018.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Menurutnya, dana tersebut didapatkan melalui penggalangan dana Kitabisa.com dan secara offline dari ASN Pemerintah Kota Bandung dan warga Bandung.

"Hari ini kita dimudahkan dengan teknologi. Ada 11.200 netizen yang memberikan bantuan, termasuk juga para PNS Kota Bandung. Ini menunjukkan rasa solidaritas kepada saudara kita yang terkena bencana," katanya.

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Renovasi Rumah Terdampak Gempa NTB

Sementara itu, Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi mengapresiasi berdatangannya bantuan dari daerah lain. Selain Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan dana senilai Rp3,1 miliar.

Bantuan yang didapatkan, menurutnya, bukan sekadar pada nominal. “Ini bukan hanya nominal. Ini menunjukkan jati diri kita," katanya. (ase)

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Deretan Fakta Gempa Magnitudo 7,1 yang Bikin Panik Warga Lombok

Gempa bumi magnitudo 7,1 terjadi pada Selasa pukul 02.55 WIB. Pusat gempa bumi itu dilaporkan berada di laut pada kedalaman 525 km sekitar 163 km timur laut Lombok Utara

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023