Sah, Komjen Ari Dono Jadi Wakapolri

Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto.
Sumber :
  • Anwar Sadat/VIVA.co.id

VIVA – Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto resmi menjabat sebagai Wakapolri, menggantikan Komjen (Purn) Syafruddin yang kini telah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpar-RB). Ari dilantik pada Jumat siang, 17 Agustus 2018.

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Pelantikan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Sebelum menjabat Wakapolri, Ari menempati jabatan sebagai Kabareskrim Mabes Polri. 

Sedangkan, posisi Kabareskrim saat ini gantikan oleh Irjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM).

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan penunjukan Ari sebagai Wakapolri telah diperhitungkan dengan matang. Pemilihan tersebut juga sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Presiden RI Joko Widodo.

"Dari dua nama yang saya sampaikan, dan beliau setelah saya beri masukan pak Ari Dono sebagai Wakapolri. Dia cukup berhasil dengan Polda Sulteng sebagai Kabareskrim juga bagus. Dia menangami satgas pangan cukup selesai," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jumat 17 Agustus 2018

Polisi di Surabaya Ditahan, Diduga Cabuli Anak Tiri Sejak SD sampai SMP

Menurut Tito, sosok Ari juga memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Memiliki karakter yang tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

"Secara leadership beliau yang termasuk cool tenang saya rasa akan jadi yang baik untuk membantu saya sebagai kapolri," ujarnya.

Dalam acara pelantikan ini, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri mulai dari jenderal bintang satu hingga tiga hadir di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Namun, dari sekian banyak deretan para Pati Polri yang hadir, tak terlihat kehadiran dari Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang sebelumnya santar diberitakan akan dilantik sebagai Kapolri. Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto, justru terlihat menghadiri acara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya