Upacara Bendera Raksasa di Langit Garut Demi HUT RI ke-73

Pengibaran bendera raksasa Merah Putih.
Sumber :
  • VIVA / Diki Hidayat

VIVA – Beragam cara dilakukan rakyat Indonesia dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 hari ini. Ada yang rutin biasa dilakukan, ada pula lewat cara spektakuler dan unik, sesuai dengan keahlian, seperti yang dilakukan tim penerjun di Kota Garut, Jawa Barat.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Mereka mengibarkan bendera raksasa di langit Kota Garut atau dari ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut siang tadi.

Ketua Panitia Upacara Pengibaran Bendera di Udara yang juga Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, mengatakan bahwa pengibaran bendera dilakukan oleh 73 penerjun tingkat nasional, termasuk atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018. Sebanyak 73 bendera dikibarkan, termasuk satu bendera raksasa di langit.

Petugas Hentikan Ambulans yang Ternyata Digunakan Pemudik untuk Pulang Kampung

"Mungkin ini yang belum dilakukan sebelumnya, mengibarkan bendera di udara. Ini kami lakukan dengan penerjun profesional," ujar Budi Jumat 17 Agustus 2018.

Lokasi penerjunan dilakukan di Bukit Copong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Seluruh penerjun turun di landasan Lapangan Rancabango, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler Garut.

Tanpa Bulan Madu, RM Gelar Pernikahan Lalu Kembali Masuk Bui

"Alhamdulillah seluruh peserta selamat sampai tujuan," ungkap Budi.

Menurut dia, prosesi pengibaran bendera di udara tidak bisa dilakukan oleh masyarakat biasa dan harus dilakukan oleh para penerjun yang profesional. Selain sebagai peringatan HUT RI ke-73,  pengibaran bendera raksasa itu juga sebagai bentuk promosi wisata.

"Betapa indahnya Kota Garut dari angkasa, bukan sekadar peringatan tetapi juga sebagai promosi wisata, " lanjut Budi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya