101 Gempa Susulan Guncang Lombok dalam Sehari

Dampak gempa susulan yang mengguncang Lombok.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat, terjadi ratusan gempa susulan usai  gempa 6,9 Skala Richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 19 Agustus 2018. 

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

"Sampai tanggal 20 Agustus 2018 pukul 11.00 Wita tercatat sebanyak 101 gempa susulan, 9 di antaranya dirasakan," ujar Kepala Bagian Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko di Jakarta, Senin, 20 Agustus 2018. 

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada, serta tidak terpancing pada isu-isu atau berita yang menyesatkan.

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

"Saat ini masih marak hoax di Lombok dan Sumbawa. Di saat masyarakat Lombok dirundung duka dan derita akibat gempa beruntun, tenyata banyak pihak yang menebarkan informasi yang tidak benar dan menyesatkan," ujar Sutopo. 

Hingga saat ini, kata Sutopo, upaya penanganan darurat terus diintensifkan. Bahkan, percepatan bantuan perbaikan rumah rusak terus dilakukan. 

Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

Begitu juga perbaikan fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas dan sekolah darurat dilakukan percepatan, sambil menunggu tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya. Operasi pasar untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan ketersediaan bahan-bahan pokok juga terus dilakukan.

"Bantuan logistik terus disalurkan ke korban gempa di Lombok. Stok logistik mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar pengungsi. Apalagi bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak," ujarnya. 
 

Warga mengangkat sepeda dari reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Barat, NTB, 2018 lalu.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Jaminan hidup tahap II untuk korban gempa NTB senilai Rp89,36 miliar akan disalurkan pada akhir bulan November 2020.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020