Joni Dapat Rumah dan Sepeda dari Jokowi

Johannes Adekalla Marcal atau Joni.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA - Presiden Joko Widodo menghadiahi Johannes Adekalla Marcal (13) atau Joni yang memanjat tiang bendera agar merah putih tetap berkibar saat upacara HUT ke-73 di Belu NTT, sepeda dan rumah.

Rich Brian dan NIKI Nyanyi Indonesia Raya di Festival Musik Amerika

Joni, awalnya tidak diagendakan bertemu dengan Jokowi. Hanya karena bersamaan dengan silaturahmi presiden dengan Paskibraka 2018 dan masyarakat teladan, Joni juga diundang sebagai tamu istimewa.

"Seorang anak, naik ke tiang bendera enggak tahu tibanya di Istana pak presiden," kata Mensesneg Pratikno, dalam sambutannya, di Istana Negara, Jakarta, Senin 20 Agustus 2018.

Unggah Video HUT RI Kontroversial, Kepala Bekraf Minta Maaf

Saat Jokowi menyampaikan pidatonya, Joni juga ikut diundang. Jokowi bertanya-tanya, asal muasal Joni naik ke tiang bendera.

Joni menceritakan di hadapan Jokkwi, bahwa awalnya ia sakit perut saat upacara berlangsung. Kemudian, ia dibawa ke ruang perawatan dan diberi air.

Begini Cara BNI Kenali Sejarah Bangsa dengan Cara Kekinian 

Saat di dalam, ia mendengar pengumuman dari Wakil Bupati Belu, siapa yang bisa naik tiang untuk mengambil tali bendera yang tersangkut di atas.

Joni menceritakan, ia langsung berlari ke luar, melepas sepatunya dan langsung menaiki tiang itu. Seperti yang diunggah dalam video yang viral itu. Meski melakukan aksi berbahaya, Jokowi tetap mengapresiasi inisiatif Joni tersebut.

"Itulah pengorbanan tanpa pamrih. Saya baca, ingin agar merah putih terus berkibar," kata Jokowi.

Di akhir, Jokowi meminta ke Joni, hadiah apa yang ia inginkan darinya. Sontak, Joni menjawab menginginkan sepeda, hadiah yang sering dibagikan oleh Jokowi.

Namun bagi Jokowi, hadiah itu terlalu kecil mengingat ia datang dari Belu, kota yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste.

"Jauh-jauh dari Belu ke Jakarta kok minta sepeda," kata Jokowi ke Joni. Ia meminta, Joni menyebut hadiah yang lain.

"Minta dibikinin rumah saja," kata Joni, disambut tawa dan tepuk tangan.

Atas dua permintaan hadiah itu, Jokowi menyanggupinya.

"Sudah itu aja? Sepeda sama rumah. Ya udah, nanti saya tanya malah nambah lagi," kata Jokowi tersenyum.

Diberi hadiah itu, Jokowi mengingatkan Joni untuk tidak malas belajar. Apalagi dia sudah mendapatkan beasiswa. Ia juga ingin anak itu bekerja keras.

Selama di Jakarta, Jokowi meminta Mensesneg Pratikno mengajak Joni jalan-jalan. Dua tempat yang akan dikunjungi, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Dunia Fantasi. Kebetulan, Joni juga mengaku belum pernah ke kedua tempat itu.

"Mumpung sudah di Jakarta, diajak lihat dunia fantasi sama taman mini. Masih dunia anak-anak jangan dibawa yang sulit-sulit," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya