Ridwan Kamil Minta Hentikan Perseteruan Kampret dan Kecebong

Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA – Banyaknya caci maki sampai menyebut nama binatang yang dilontarkan para pendukung capres dan cawapres membuat Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil, geram. Melalui akun instagramnya, Ridwan mengingatkan warganet agar menghentikan julukan seperti kampret, kecebong, dan makian lain. 

Ganjar Ingin Pemilu 2024 Bebas dari 'Cebong-Kampret'

Wali kota Bandung ini geram banyaknya makian dan kata-kata kotor yang terjadi di media sosial hanya untuk menjatuhkan lawan politik disebabkan perbedaan pilihan capres dan capres. Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menulis kemarahannya itu di akun instagramnya. 

"Dalam politik pilihan, akan selalu ada alasan menyukai, dan akan selalu ada alasan tidak menyukai. Apapun pilihannya kedepankan kompetisi kebaikannya, bukan mencari aib apalagi fitnah," tulis Emil di akun instagramnya. 

BRIN: Politik Identitas sedang Tidur Pada Pemilu 2024 tapi Bisa Bangkit Lagi

"Jangan ada lagi kata-kata makian dalam berargumentasi. Apalagi menggunakan julukan kata-kata hewan untuk mereka yang berbeda pilihan seperti kecebong vs kampret. Ini buruk sekali dan mulai ditiru anak-anak kita," ujarnya.

Kecebong Ini Punya Kekuatan seperti Samson

Emil pun mengajak warganet lebih beradab, dan meredam emosi. "Ingat bangsa kita punya adab. Itu termuat dengan mulia di sila ke-2 Pancasila," tulisnya. 

Ridwan Kamil sendiri sudah menyatakan dirinya mendukung Joko Widodo, mengingat janji kepada partai politik yang mengusungnya dalam pilgub lalu. Namun dia belum menyatakan sikap dan belum mendapat instruksi menjadi tim sukses Jokowi. 

Laporan: Jhon Hendra/TvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya