Tia Hendrar Prihadi Terima Penghargaan Pembina Terbaik Dekranasda

Wagub Jawa Tengah menyerahkan penghargaaan kepada Krisseptiana Hendrar Prihadi.
Sumber :

VIVA – Keberhasilan dalam membesarkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang hingga menjadi besar seperti sekarang menuai hasil. Senin malam (20/8) Ketua Dekranasda sekaligus istri Wali Kota Semarang, Tya Hendrar Prihadi memperoleh penghargaan sebagai Pembina Terbaik Tingkat Jawa Tengah. Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Dekranasda Jawa Tengah, Ibu Siti Atikoh Ganjar Pranowo dalam acara Pesona Produk Kriya Dekranasda Jawa Tengah di Kabupaten Pemalang.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Di tangan dingin Tya selama tujuh tahun lebih, Dekranasda yang terdiri dari pengrajin UKM, UMKM dan IKM tumbuh menjadi 603 pengrajin, dengan omset Rp809.000.204.891 sampai Juni 2018 dan menghasilkan asset Rp302.365.166.452.

Tidak hanya itu, Tya bersama para anggota Dekranasda melakukan fasilitasi semua pengrajin yang ada di Kota Semarang dengan 4 program yaitu pendampingan, pelatihan, pemasaran, dan pembiayaan.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Pendampingan yag dilakukan mulai pendaftaran pengrajin melalui aplikasi IJUS MELON, IUMK sebagai tanda legalitas usaha dalam bentuk izin usaha, temu usaha, inkubaor bisnis yakni pengusaha dilatih dalam waktu 2 tahun untuk mandiri dengan bekerjasama Udinus dan Unika, klinik bisnis dan pendampingan modal tambahan.

Adapun pelatihan berupa pelatihan manajemen, akuntansi, brand packaging sampai pelatihan E-Commerce, kewirausahaan, dan business plan.

Viral Video Sidak PPKM Ala Walkot Semarang Borong Gorengan

Sementara pemasaran yang telah dilakukan berupa pemasaran produk fisik atau offline maupun online. Fisik melalui penyediaan ruang pamer  dan promosi yang menampung produk-produk unggulan dan berkualitas antara lain di Semarang Kreatif Galeri Kota Lama, Galeri Balaikota, Galeri Pasar Bulu, Pasar UMKM Srondol, juga mengikutsertakan para pengrajin dalam pameran dalam negeri (kriya nusantara) hingga pameran luar negeri (pameran di Belanda). Sementara pemasaran Online dilakukan melalui website www.semarangkreatifgaleri.com, Tokopedia, Blanja, Shopee, Bukalapak maupun E-Commerce Jawa Tengah (Sadewa Market).

Atas inovasi dan kinerja yang telah dilakukan, berbagai penghargaan berhasil disabet Tia Hendrar Prihadi bersama Dekranasda Kota Semarang berupa produk terbaik femina award 2018, juara 1 stand terbaik 

"Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Terima kasih yang utama Saya sampaikan kepada seluruh jajaran Dekranasda Kota Semarang yang telah bekerja keras di dalam memajukan Dekranasda. Apa yang kita raih bersama ini Saya harapkan bisa menjadi motivasi untuk kita dapat melanjutkan langkah positif yang sudah kita lakukan bersama", ujar Tia.

"Dekranasda Kota Semarang harus bisa menjadi yang terdepan di dalam memajukan perekonomian masyarakat dan ikut membangun Kota Semarang menjadi semakin hebat", pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya