Idul Adha, Besok Jokowi Salat Ied di Bogor sementara JK di Istiqlal

Presiden Joko Widodo Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Presiden Joko Widodo akan berkurban seekor sapi dengan berat sekitar 1500 Kilogram di Masjid Istiqlal. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat berbincang dengan VIVA, Selasa 21 Agustus 2018.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Dia menjelaskan, sapi tersebut dibeli Jokowi di pedagang sapi kawasan Depok. Sapi lokal itu berjenis peranakan Ongole, sama jenisnya dengan sapi Wakil Presiden Jusuf Kalla yang beratnya 1400 Kilogram.

"Presiden di Istiqlal (kurbannya) untuk kemudian diberikan ke mustahik. Beratnya 1500 Kilogram kalau Wakil Presiden 1400. Sapinya dari Depok, jenisnya PO," tutur Abu di Istiqlal, Jakarta.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Adapun untuk hewan kurban secara keseluruhan yang telah masuk ke Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, untuk sapi saat ini baru berjumlah 14 ekor sedangkan untuk domba sebanyak 16 ekor. 

Untuk pembagiaan daging kurbannya, dijelaskannya tidak akan lagi menggunakan sistem kupon namun akan langsung dibagikan ke masyarakat sekitar Istiqlal terlebih dahulu seperti di kawasan Jalan Wahidin, Pasar Baru maupun Kemayoran.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Dipotongnya besok, sekitar jam limaan abis Ashar. Ini (jumlahnya) baru sementara ya, biasanya 27 sampai 30 ekor, (jumlah tempat) pembagiannya nanti tergantung daging kurbang yang didapat," ungkapnya.

Meski berkurban di Istiqlal, Abu Hurairah mengungkapkan, Jokowi tidak akan ikut salat Idul Adha berjamaah di Istiqlal karena Jokowi akan salat di Bogor. Sedangkan untuk Jusuf Kalla kata dia akan ikut salat berjamaah di Istiqlal.

"Presiden sepertinya enggak, pak JK saja bersama dengan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar, pak Gubernur DKI Anies Baswedan dan 25 duta besar Muslim," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya