Harta Mensos Agus Gumiwang Rp12,5 Miliar

Agus Gumiwang (empat dari kiri) di Istana Negara, Jumat, 24 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA – Presiden Joko Widodo langsung melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri lantaran tersandung perkara hukum di KPK.

Kabar Baru Insentif Mobil Hybrid, Kementerian Keuangan Juru Kuncinya

Agus merupakan anggota DPR dari Fraksi Golkar. Ia pun kini juga menjabat sebagai Pelaksana tugas Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta pasca Fayakhun Andriadi jadi terdakwa KPK.   

Sebagai seorang pejabat negara, Agus telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK. Ia terakhir melaporkan kekayaannya pada 16 Desember 2014.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Dikutip VIVA, dari laman LHKPN KPK, Jumat, 24 Agustus 2018, tercatat Agus memiliki harta sejumlah Rp12,5 miliar dan 2.303 US$.

Hartanya terdiri dari tiga bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan dan Kabupaten Gianyar, Bali. Total harta tidak bergerak itu ditaksir senilai Rp5,1 miliar.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Selain itu, Agus juga memiliki harta bergerak berupa satu unit mobil merek BMW, satu unit mobil merek Hyundai, dan satu unit motor merek Chunlan. Total aset bergerak Agus sebesar Rp2,6 miliar.

Ia juga tercatat memiliki surat berharga yang seluruhnya senilai Rp3,7 miliar. Agus juga menyimpan giro dan setara kas sebesar Rp1 miliar dan 2.303 US$.

Meskipun begitu, Agus melaporkan mempunyai utang sebesar Rp53,8 juta, sehingga bila dikalkulasikan harta Agus mencapai Rp12,5 miliar dan 2.303 US$.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya